Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-03-03 11:07:46

Pemprov Siapkan Anggaran Rp 150 Juta untuk Perbaikan Tanggul Jebol di Dringu

RUSAK: Salah satu titik tanggul jebol di Desa/Kecamatan Dringu, yang akan diperbaiki oleh Pemprov Jatim dengan anggaran Rp 150 Juta.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - UPT Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai (PSDA WS) Welang Pekalen Pasuruan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Sumber Daya Air Provinsi Jawa Timur, menyiapkan anggaran Rp 150 juta untuk perbaikan dan pembangunan tanggul sungai yang jebol di Desa Kedungdalem dan Desa Dringu, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo. Ada 4 titik tanggul yang jebol, namun hanya satu titik yang terparah yakni di Desa Dringu.

Kepala UPT PSDA WS, Novita Andriyani, mengatakan, dari hasil Perhitungan Rencana Anggaran Biaya (PRAB) diperkirakan anggaran perbaikan tanggul sebesar Rp 150 juta. "150 juta khusus untuk tanggul di Desa Dringu," ujarnya saat meninjau Sungai Kedunggaleng di RT 3 RW 02 Desa Dringu, Selasa (2/3/2021) sekira pukul 15.00 WIB.

Baca Juga : Pemprov Jatim Fokus Bangun Bronjong di Jembatan Kedungdalem

Setelah mengetahui besaran kebutuhan anggaran, Novita  berharap agar mendapat dukungan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat. "Kita akan berkoordinasi dengan pemkab," ujarnya.

Baca Juga : Komunitas Bikers Fasilitasi Servis Gratis bagi Warga Terdampak Banjir Dringu

Sementara, dikonfirmasi terpisah, Plt Kalaksa BPBD Kabupaten Probolinggo, Tutug Edi Utomo mengatakan, bahwa masalah infrastruktur plengsengan menjadi perhatian utama karena dana yang diperlukan cukup besar. "Ikhtiar, pemkab akan mengusulkan ke Pemprov Jatim," katanya.

Tutug menjelaskan, ada kegiatan kedaruratan saat bencana banjir, seperti penguatan plengsengan dengan sandbag dan pembangunan plengsengan. "Dan normalisasi sungai," tuturnya.

Untuk itu, Tutug memastikan bahwa kegiatan kedaruratan itu telah dikoordinasikan oleh pemerintah bersama masyarakat terdampak, dan pemangku kebijakan lainnya. (ang/don)