Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2021-01-25 15:48:18

Pencurian Kota Amal Masjid di Jember Terekam CCTV

LAGI: Rekaman CCTV yang memperlihatkan seorang pelaku saat mencuri kotak amal di dekat mimbar masjid.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Seorang pemuda terekam kamera CCTV saat mencuri kotak amal, di  Masjid Al-Istiqomah perum Muktisari Jalan Basuki Rahmat, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Senin (25/1/2020) dini hari.

Dalam rekaman CCTV, pelaku yang mengenakan baju abu-abu masuk ke dalam masjid dengan cara membobol dua pintu yang berada di sebelah kiri masjid. Terlihat, pelaku sempat mencopot baju untuk menutupi wajahnya karena mengetahui ada CCTV di dalam masjid.

Baca Juga : Ditinggal Rapat, Motor Karyawan EO Dicuri

Pemuda yang diperkirakan berusia 25 tahun itu, lalu mengambil dua kotak amal yang berada di dekat mimbar. Setelah mengawasi keadaan sekitar, pemuda tersebut kembali mencongkel pintu sebelah kanan masjid dan langsung meninggalkan masjid dengan membawa kotak amal.

Baca Juga : Lagi, Motor Karyawan Toko Jadi Sasaran Pencuri

Pengurus masjid Al-Istiqomah, Panijo, saat dikonfirmasi mengatakan, dirinya baru mengetahui kotak amal telah dicuri saat salat subuh.

Saat itu, Panijo bermaksud memasukan uang infak, namun ternyata dua kotak amal sudah tidak ada. Setelah dicek dalam rekaman CCTV, ternyata kotak amal dibawa oleh pemuda tidak dikenal. “Kotaknya sudah rusak," ungkapnya.

Panijo menyebut, uang dalam kotak amal yang biasa dibuka oleh pengurus masjid setiap satu minggu sekali itu, berjumlah sektiar 2 hingga 3 juta rupiah.

Ia menambahkan, setahun sebelumnya, kotak amal juga pernah hilang. Namun pada saat itu, masjid belum difasilitasi CCTV sehingga pencuri tidak dapat ditemukan. Pihaknya berharap agar pelaku bisa ditangkap oleh pihak kepolisian. "Sudah laporan ke polres dan wajah pelaku sudah diketahui," pungkasnya. (as/don)