Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2021-04-13 14:40:04

Perbaikan Jalan Rusak di Jember Belum Menyeluruh

JALAN: Sejumlah pekerja mulai menambal lubang di Jalan Bengawan Solo, Kecamatan Sumbersari, Jember.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Sejumlah ruas jalan berlubang di Kabupaten Jember mulai ditambal oleh Dinas Pekerjan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPU BMSDA). Tapi, penambalan itu hanya dilakukan di jalan yang rusak berat.

Penambalan jalan berlubang itu dimulai dari ruas jalan yang berada wilayah kota. Yakni, Kecamatan Sumbersari, Patrang, dan Kaliwates.

Baca Juga : Gerakkan Geliat UMKM di Tengah Pandemi, Jember Sae Gelar Pasar Virtual

Untuk di Kecamatan Sumbersari penambalan dilakukan di Jalan Mastrip, Jalan Karimata, dan Jalan Bengawan Solo.

Baca Juga : Pastikan Aman Covid-19, Pemkab Jember Kawal ketat Kedatangan Pekerja Migran

Plt Kepala DPU BMSDA Rahman Anda, saat dikonfirmasi mengatakan, penambalan jalan hanya dilakukan bagi jalan yang mengalami rusak berat.

Penambalan, kata dia, merupakan bentuk perawatan jalan sebelum jalan rusak tersebut dilalukan pembangunan lebih lanjut. "Selanjutnya perbaikan," katanya.

Pihaknya menyebutkan, berdasarkan pendataan jumlah jalan rusak di Kabupaten Jember terdapat di 789 ruas jalan dengan panjang 1.080,7 kilometer. Dengan rincian jalan rusak berat 1.013,80 km dan jalan rusak ringan 66,9 km.

Terpisah, Ketua Ketua Komisi C DPRD Jember David Handoko Seto, mengatakan, setelah penambalan jalan selesai dilakukan pihaknya berharap agar jalan rusak berat maupun ringan segera dimulai pembangunan. "Penambalan jalan meminimalisir adanya Kecelakaan," ujarnya.

Untuk diketahui, alokasi anggaran perbaikan jalan dalam APBD tahun 2021 sebesar Rp 664 miliar.

Peningkatan jalan di seluruh Jember itu, akan dikerjakan melalui sistem kontrak anggaran tahun jamak atau multiyears. (as/don)