Rifky Leo Argadinata


Wartawan Tadatodays.com | 2022-03-22 15:25:52

Petugas Bersihkan Sisa Banjir di Pesanggaran, Barang Milik Warga Dilaporkan Hanyut

PASCA BANJIR: Seorang warga Desa Kandangan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi mengeluarkan perabot rumahnya setelah banjir surut. Warga juga membersihkan material sisa banjir dan dibantu oleh petugas gabungan.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Petugas gabungan dan relawan melakukan pembersihan lumpur di Dusun Sumberjambe, Desa Kandangan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Selasa (22/3/2022). Pembersihan itu dilakukan setelah kawasan tersebut diterjang banjir pada Senin (21/3/2022) sore.

Diketahui, banjir itu terjadi akibat luapan air Sungai Karang Tambak yang melintas di desa tersebut.

Baca Juga : Terjebak Macet Panjang, Sopir Mengeluh

Sekretaris BPBD Banyuwangi, Mujito mengatakan saat ini tim gabungan serta relawan tengah melakukan pembersihan di rumah - rumah warga yang terdampak banjir.

Baca Juga : Jalan Gending Banjir, Banyak Motor Mogok, Macet Panjang Pula

Menurut Mujito, Desa Kandangan sering dilanda banjir karena wilayah tersebut dikepung beberapa sungai kecil yang mengalir ke Sungai Karang Tambak. Sehingga bila terjadi hujan Desa Kandangan langganan banjir. "Sehingga air sungai meluap dan merendam 100 rumah warga dari 66 KK," katanya.

Dari hasil asesmen petugas di lokasi banjir, kata Mujito, ketinggian air di rumah-rumah warga sekitar 30 cm. Sementara derasnya arus banjir di permukiman sampai menghanyutkan sejumlah barang milik warga. "Ada beberapa barang (milik) warga yang belum sempat diamankan, sehingga tersapu banjir yang terjadi pada sore hari itu," ujarnya.

Selain merendam permukiman warga, banjir juga menyebabkan jembatan penghubung antara Dusun Sumberjambe dengan Dusun Sumberdandang terputus.

Mujito memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. (rl/don)