Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2020-09-04 22:13:57

Pilkada Jember, Hendy Siswanto dan Gus Firjaun Mendaftar di Hari Pertama

DITERIMA: Bapaslon Hendy-Gus Firjaun mengisi daftar hadir saat mendaftar sebagai peserta Pilkada Jember di kantor KPU.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Jember, Hendy Siswanto dan M Balya Firjaun Barlaman alias Gus Firjaun, resmi mendaftar ke KPU Jember, Jumat (4/9/2020). Mereka datang diantar parpol pengusung dan massa pendukung.

Pantauan tadatodaysm.com, Hendy-Gus Firjaun beserta ratusan pendukungnya datang ke KPU Jember sekitar pukul 14.00 WIB. Saat itu, para pendukungnya tumpah ruah di sepanjang jJl. Kalimantan, tepatnya dari gerbang utama Universitias Jember (Unej) hingga gerbang KPU Jember.

Baca Juga : Ketika Pemilik Nama Tuhan di Jember Lebih Akrab Disapa Pak Farida

Namun demikian, karena pendaftaran pada situasi pandemi, pendamping yang diperbolehkan masuk ke dalam halaman KPU dibatasi. Hendy dan Gus Firjaun yang tampak mengenakan pakaian warna putih dan bersarung, didampingi para ketua dan sekertaris partai pengusungnya.

Baca Juga : Eksepsi Bawaslu dan KASN Ditolak, Sidang Kasus Netralitas ASN Digelar di PN Jember

Setelah mengisi daftar hadir dan serangkaian penyambutan oleh KPU Jember, tepat pukul 14.20 WIB, Hendy menyerahkan berkas pendaftaran secara langsung ke Mohammad Syai'in selaku ketua KPU Jember.

Usai menyerahkan berkas, Hendy Siswanto mengatakan pada sejumlah awak media, bahwa dirinya mantap mendaftarkan diri sebagai peserta Pilkada Jember tahun 2020 setelah mendapatkan rekomendasi dari 6 partai pengusung. Yakni, Nasdem (8 kursi); Partai Gerindra (7 kursi); PKS (6 kursi); PPP (5 kursi); Demokrat (2 kursi); dan1 kursi Partai Berkarya versi ketua DPP Tommy Soeharto.

“Ada sekitar 29 kursi. Syarat maju kan minimal 10 kursi dan kami cukup untuk itu,” ujarnya. Setelah berkas diterima, ungkap Hendy, pihaknya akan segera bergerak mendulang suara untuk merebut kursi Bupati Jember pada pemilihan 9 Desember 2020 mendatang.

“Program kami setelah pendaftaran, kami akan segera menyapa masyarakat. Kami akan terjun ke daerah-daerah utamanya pinggiran, kami akan sampaikan visi-misi kami,” jelasnya.

Bakal Calon Bupati (Bacabup) yang memiliki tagline “Wes Wayae Mbenahi Jember” itu menargetkan akan memenangkan Pilkada Jember dengan target kemenangan lebih dari 70 persen. Itu sebagai wujud semangatnya yang sedari awal ingin head to head dengan petahana.

Sementara itu, Gus Firjaun yang didapuk sebagai pendamping Hendy Siswanto mengaku akan berupaya memenangkan konstestasi Pilkada Jember dengan cara merangkul semua kalangan. Utamanya pada kalangan Nahdhatul Ulama (NU) Jember, meski PKB enggan merekomnya.

“Karena saya berasal dari NU, kami berharap seluruh potensi NU bisa bersatu. Tapi tentu, juga merangkul semua, karena persoalan Jember bukan persoalan NU tapi persoalan semuanya,” kata putra dari mantan Rais Aam PBNU KH Achmad Shiddiq itu.

Lebih lanjut, pertimbangannya kembali ke dunia politik atas 2 hal utama. Pertama, berkat dorongan para masyayikh. Kedua, pihaknya menilai sosok Hendy telah berbuat banyak untuk masyrakat, jauh sebelum mencalonkan diri sebagai Bupati Jember. Karena itu, ia mantap  mendampingi Hendy.

Terpisah, Ketua KPU Jember Mohammad Syai'in mengatakan, pihaknya tengah memeriksa berkas pendaftaran bapaslon Hendy Siswanto. Salah satunya memeriksa surat keputusan (SK) partai politik yang diupload di laman KPU, untuk dicocokkan dengan kepengurusan parpol tingkat kabupaten.

“Sampai saat ini, ini masih dalam proses penelitian administrasi. Baik syarat pencalonan maupun syarat calon. Jadi ini masih membutuhkan waktu,” katanya. (as/sp)