Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-03-10 19:39:40

Plengsengan Anak Sungai di Dringu pun Ambrol

TERDAMPAK: Plengsengan anak sungai di Desa Kalirejo, Kecamatan Dringu, ambrol. Pengendara yang melintas di dekat anak sungai itupun harus ekstra hati-hati.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Aliran Kali Kedunggaleng yang melewati sejumlah kecamatan di Probolinggo, sejatinya sudah dipecah ke beberapa aliran anak sungai. Akan tetapi, tingginya debit air membuat air sungai tersebut meluap ke permukiman warga. Bahkan laju air di anak sungai pun juga terpantu cukup deras, bahkan membuat plengsengan anak sungai sampai ambrol.

Seperti ambrolnya plengsengan anak sungai di Desa Kalirejo, Kecamatan Dringu. Akibat ambrolnya plengsengan itu, kendaraan yang melintasi jalan dekat anak sungai itupun harus ekstra hati-hati.

Baca Juga : Pemprov Jatim Fokus Bangun Bronjong di Jembatan Kedungdalem

Sementara, air yang mengalir di anak sungai itu juga meluap ke rumah-rumah warga yang ada di dekat sungai tersebut.

Baca Juga : Komunitas Bikers Fasilitasi Servis Gratis bagi Warga Terdampak Banjir Dringu

Subandi, Koordinator Sungai dan Jalan Wilayah Diringu, mengatakan, banjir ini terjadi setelah air di Dam Kaliamas mencapai 320 cc. Akibatnya, air di anak sungai Desa Kalirejo meluap dan mengalir dengan deras hingga merusak plengsengan dan parafet atau penangkis air. "Jebol karena akses air tidak dapat ditampung,” katanya. (ang/don)