Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2022-06-10 20:10:46

PMI Jember Gelar Donor Darah di Ambulu, Dapatkan 28 Kantong dari Relawan

ANTUSIAS: Warga Desa/Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember menjadi relawan dalam kegiatan donor darah yang digelar PMI Jember. Total ada 41 relawan yang mendaftar, namun yang lolos 28 relawan.

TADATODAYS.COM, JEMBER - Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Jember menggelar donor darah di kantor Desa/Kecamatan Ambulu, Jumat (10/6/2022). Dalam kegiatan tersebut, ada 41 relawan yang menjadi pendonor. Namun, hanya 28 orang yang lolos screening dan mendonorkan darahnya.

“Ada 28 orang yang lolos sebagai pendonor, sementara 13 relawan tidak lolos,” kata Lulus Nency, koordinator penyelenggara donor darah Korps Sukarela (KSR) PMI Kabupaten Jember. Mereka yang tidak lolos disebabkan sejumlah hal. Mulai tensi darah terlalu tinggi atau rendah, hemoglobin HB tidak standar dan alasan lainnya.

Baca Juga : PMI Jember Gelar Donor Darah di Ambulu, Mendapatkan 28 Kantong dari Relawan

Dari 28 pendonor tersebut, golongan darah O paling banyak yakni 13 kantong. Sementara golongan darah A 7 kantong, golongan darah B 7 kantong, dan golongan darah AB 1 kantong.

Baca Juga : Tim PMI Jember Semprot 11 Pasar Hewan Sasar Angkutan dan Kaki Hewan

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Jember Zaenal Marzuki memberikan apresiasi pada seluruh relawan. Termasuk mereka yang tidak lolos screening. “Kami ucapkan banyak terima kasih kepada para relawan pendonor, setetes darah sedekah darah para relawan bisa menyelamatkan nyawa sesama,” terangnya.

Dia menjelaskan, UDD PMI Kabupaten Jember  setiap hari butuh stok darah untuk mencukupi kebutuhan rumah sakit di Jember. Terutama di RSD dr Soebandi yang juga menjadi rumah sakit rujukan untuk masyarakat Jawa Timur wilayah timur. Seperti Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo atau Lumajang.

ANTRE: Puluhan warga Desa/Kecamatan Ambulu rela antre untuk diperiksa terlebih dahulu sebelum dinyatakan layak menjadi pendonor.

Zenal –sapaan akrabnya- menuturkan, pihaknya siap bekerjasama dengan semua komponen masyarakat untuk menyelenggarakan kegiatan donor darah. “Kami siap sinergi dengan komponen masyarakat manapun untuk kegiatan donor darah. Silakan hubungi UDD PMI, markas PMI, atau Klinik Pratama PMI Jubung,” ujarnya.

Dalam sepekan terahir, PMI Kabupaten Jember juga telah melakukan giat donor darah melalui kerjasama dengan berbagai pihak. Di antaranya, bersama para pesepeda dalam peringatan Word Bicycle Day dan Hari Lingkungan Hidup yang digelar Minggu (5/6/2022). Kemudian 250 anggota Polres Jember juga melakukan giat donor darah dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-76, Selasa (7/6/2022).

Diketahui kebutuhan darah setiap bulannya di PMI Jember mencapai 3.500 kantong. Karenanya PMI Jember rutin menggelar giat donor darah dengan mengajak berbagai macam lapisan masyarakat.

Informasi yang diterima tadatodays.com, stok darah PMI Jember hingga Jumat (10/6/2022) pukul 06.50 WIB, mencapai 491 kantong. Rinciannya, 187 kantong golongan darah A; 112 kantong golongan darah B; 53 kantong golongan darah AB; dan 139 kantong golongan darah O. Stok ini berubah-ubah setiap waktu. (*/as/sp)