Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-04-25 13:44:00

Polres Probolinggo Antisipasi Kemacetan di Tiga Ruas Jalan

ANTISIPASI: Exit Tol Leces menjadi salah satu kawasan yang diprediksi terjadi kemacetan selama arus mudik lebaran tahun ini. Polres Probolinggo telah menyiapkan skenario untuk mengatasi jika kemacetan benar-benar terjadi.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Setelah dua tahun dilarang mudik karena pandemi Covid-19, kali ini pemerintah memberikan keleluasaan masyarakat untuk mudik. Karena itu, potensi jalur kemacetan pun berpotensi terjadi di ruas jalan di wilayah hukum Polres Probolinggo.

Berdasarkan data Polres Probolinggo, ada tiga titik yang berpontesi terjadinya kemacetan. Pertama, di Exit Tol Probolinggo Timur, Kecamatan Leces. Kedua, jalan raya Tegalsiwalan yang merupakan jalur sempit dan banyak kendaraan besar yang bergerak pelan. Ketiga, ruas jalan raya Dringu, tepatnya di kawasan Pasar Dringu dan Pasar Bawang.

Baca Juga : Terjebak Macet Panjang, Sopir Mengeluh

Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi mengatakan, jika terjadi kemacetan atau kepadatan kendaraan di tiga ruas jalan tersebut maka, pihaknya akan segera menerapkan rekayasa lalu lintas. "Semoga mudik kali ini lancar," katanya.

Baca Juga : Jalan Gending Banjir, Banyak Motor Mogok, Macet Panjang Pula

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Probolinggo AKP Ponsen Dadang Martianto mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan beberapa pihak guna mengantisipasi terjadinya kemacetan. Salah satunya dengan pengelola Tol Paspro

Dadang menerangkan, untuk kendaraan yang dari barat yang menggunakan jalur tol, baik yang menuju Probolinggo, Situbondo, Banyuwangi, Bondowoso, Lumajang, Jember, Bali dan wilayah timur lainnya akan keluar melalui Exit Tol Leces. "Kami sudah antisipasi rekayasa lalu lintasnya," ujarnya, Kamis (21/4/2022).

Tapi jika nantinya terjadi kemacetan kendaraan di pintu Tol Probolinggo Timur antara 500 sampai 1 kilometer, maka kendaraan yang dari arah barat akan dikeluarkan melalui Exit Tol Probolinggo Barat. "Kemacetan sering terjadi di sore hari," katanya. (zr/don)