Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2020-08-25 22:17:53

Pulang Operasi Tapal Batas, Ratusan Anggota TNI Jalani Isolasi 2 Pekan di JSG Jember

KARANTINA: Ratusan prajurit TNI dari Batalyon Infanteri Raider 509 Balawara Yudha harus menjalani isolasi selama 14 hari di JSG sebelum pulang ke rumah masing-masing.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Sebanyak 381 pasukan Batalyon Infanteri Raider 509 Balawara Yudha (Yonif R 509/BY) yang baru pulang dari tugas operasi pengamanan tapal batas (pamtas) RI-Papua Nugini, harus menjalani isolasi.

Isolasi selama 14 hari bagi anggota TNI itu dilakukan di Stadion Jember Sport Garden (JSG) Desa Ajung Kulon, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember. Dari pantauan tadatodays.com, ratusan anggota TNI itu tiba di JSG sekitar pukul 18.00 WIB, Selasa (25/8/2020).

Baca Juga : Operasi Masker di Kabupaten Probolinggo Tunggu Hakim dan Jaksa

Saat masuk ke JSG, semua prajurit langsung menjalani pengecekan suhu tubuh dan disemprot dengan disinfektan oleh relawan PMI Kabupaten Jember. Selain itu, peralatan fisik seperti tas, senjata, dan pakaian juga disemprot dengan disinfektan.

Baca Juga : Tinggal Tulang Belulang, Mayat Tanpa Identitas Ditemukan di Gunung Manggar

Sebelumnya, personel Yonif 509 Raider itu berangkat dari dermaga di Papua pada tanggal 12 agustus 2020 lalu. Mereka tiba di pelabuhan Armatim TNI AL Surabaya, Selasa dan langsung melanjutkan perjalanan menuju JSG Jember menggunakan 7 bus.

Dandim 0824 Jember Letkol (Inf) Muhammad La Ode Noerdin mengatakan, pelaksanaan penyambutan prajurit Pamtas menggunakan protokol kesehatan telah memenuhi prosedur dari gugus tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Jember.

Letkol Laode menyebut, untuk memastikan kesehatan semua prajurit, tim medis juga akan melakukan rapid tes. Sebelum diperbolehkan kembali pulang ke keluarga masing-masin, prajurit juga diwajibkan menjalani isolasi di JSG selama 14 hari ke depan.

“Kami akan lakukan isolasi mandiri selama 14 hari, dan bisa kembali bergabung ke keluarga setelah isolasi,” pungkasnya. Diketahui, Yonif R 509/BY memberangkatkan 450 prajurit akhir Juli 2019. Setelah satu tahun berjalan, operasi pengamanan tapal batas berahir pada kloter pertama Yonif R 509/BY dan memulangkan 381 prajurit. (as/sp)