Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2021-12-16 13:25:08

Puluhan Rumah Warga Jember di 5 Kecamatan Rusak Akibat Gempa

RUSAK: Gempa yang terjadi di Kabupaten Jember berakibat rusaknya puluhan rumah warga, di 5 kecamatan. Hingga Kamis (16/12) siang, BPBD masih melakukan pendataan dampak gempa.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,1 yang terjadi di Kabupaten Jember pada Kamis (16/12/2021) sekitar pukul 06:01 WIB, mengakibatkan kerusakan puluhan rumah di 5 kecamatan.

Berdasarkan laporan sementara BPBD Jember, kerusakan rumah warga akibat gempa itu berada di 4 kecamatan wilayah pesisir selatan Jember, yang berdekatan dengan pusat gempa. Sementara satu kecamatan lainnya berada di Kecamatan Jember Utara.

Baca Juga : Gempa Kembali Guncang Jember, Lumajang, Bondowoso, Banyuwangi, Bali

Sekretaris BPBD Kabupaten Jember, Heru Widagdo saat dikonfirmasi menjelaskan, assesmen sementara dampak rumah rusak terparah berada di Kacamatan Ambulu. Sedikitnya, ada 4 desa di Kecamatan Ambulu yang terdampak. Yakni Desa Ambulu, Desa Sumberejo, Desa Andongsari dan Desa Sabrang.

Baca Juga : Jember Diguncang Gempa Magnitudo 5,3, Pegawai Berhamburan Keluar Kantor

Kemudian terparah kedua adalah Kecamatan Tempurejo, yang melanda Desa Wonoasri, Desa Pondokrejo dan Desa Curahnongko. "Laporan sementara rumah rusak ringan ada 8 KK, 1 fasum atau ponpes, rusak sedang 4 KK dan rusak berat ada 1 KK," katanya.

Widagdo menuturkan, saat ini Pusdalops BPBD Jember tengah melakukan pendataan lebih lanjut mengenai dampak yang terjadi pada kecamatan yang berada di wilayah pesisir. “Sampai saat ini masih dalam pendataan," ujarnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang, dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sementara berdasarkan rilis resmi BMKG, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. (as/don)