Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2020-12-09 16:37:03

Quick Count Pikada Jember 95 Persen, Hendy-Gus Firjaun Unggul

HITUNG CEPAT: Penghitungan cepat yang dilakukan lembaga survei LSI Denny JA di Pilakada Jember 2020, menghasilkan keunggulan perolehan suara paslon Hendy-Gus Firjaun atas dua paslon lain.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Penghitungan cepat atau quick count yang dilakukan LSI Denny JA, menyatakan pasangan calon Hendy Siswanto-Balya Firjaun Barlaman unggul di Pilkada Jember 2020.

Berdasarkan data masuk quick count per pukul 15.30 WIB, perolehan suara Hendy-Gus Firjaun  mencapai 47,95 persen. Sementara paslon petahana, Faida-Vian memperoleh 30,41 persen. Sedangkan paslon nomor urut 3 Salam-Ifan hanya memperoleh 21,64 persen.

Baca Juga : Ditetapkan sebagai Pemenang, Gus Ipul-Adi Siapkan Program 99 Hari Kerja

Peneliti senior LSI Denny JA, Rully Akbar mengatakan, hitung cepat ini menggunakan metode random sampling dengan melibatkan 260 tempat pemungutan suara (TPS) dan input data mengunakan aplikasi android.

Baca Juga : KPU Jember Tetapkan Hendy-Gus Firjaun Sebagai Paslon Terpilih

Lebih lanjut, Rully menyebut, margin eror surveinya hanya pada angka 1 persen. Sementara, jumlah persentase perolehan suara masih bisa terus berubah hingga penghitungan di seluruh TPS selesai dilakukan. 

Namun demikian, kata dia, angka hasil surveinya tidak akan jauh berubah dari hasil perhitungan akhir dari KPU.

"Data masuk 95,77 persen. Dari perhitungan KPU bisa saja berubah, tapi tidak akan jauh berbeda karena margin eror kita hanya 1 persen " ujarnya, Rabu (9/12/2020).

Rully menambahkan, berdasarkan datanya tingkat partisipasi pada Pilkada Jember  mencapai 57,32 persen atau lebih tinggi jika dibandingkan pada partisipasi pada Pilkada sebelumnya yang hanya 52 persen.

Untuk diketahui, di Pilkada Jember tahun 2020 terdapat tiga paslon yang berkontestasi.

Mereka, adalah paslon dr. Faida MMR-Dwi Arya Nugraha Oktavianto yang maju melalui jalur perseorangan berbekal 146.687 dukungan.

Kedua, paslon Hendy Siswanto-M Balya Firjaun Barlaman alias Gus Firjaun yang mengantongi dukungan empat parpol pemilik 28 kursi DPRD. Di antaranya, Partai Nasdem 8 kursi, Partai Gerindra 7 kursi, PKS 6 kursi, PPP 5 kursi, dan Partai Demokrat 2 kursi.

Dan ketiga, paslon Abdus Salam-Ifan Ariadna Wijaya yang mengantongi dukungan 6 parpol pemilik 22 kursi di DPRD. Di antaranya PDIP 7 kursi, PKB 8 kursi, Partai Golkar 2 kursi, PAN 2 kursi, Partai Perindo 2 kursi, dan Partai Berkarya 1 kursi. (as/don)