Bryan Bagus Bayu Pratama


Wartawan Tadatodays.com | 2022-04-15 21:28:37

Raih Juara Pertama Desa Gotong Royong, Sidomulyo Wakili Jember di Tingkat Jatim

IURAN: Pemdes Sidomulyo membangun infrastruktur untuk Cafe Sawah yang diinisiasi pemdes bersama masyarakat. Cafe tersebut dibangun dengan anggaran Rp 100 juta yang berasal dari iuran warga.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember berhasil menjadi juara pertama lomba Desa Gotong Rotong yang digelar Pemkab banyuwangi. Karena itulah, desa yang dipimpin Kamiludin itu akan mewakili Jemebr dalam event serupa di tingkat Jawa Timur.

Penghargaan yang diraih Desa Sidomulyo ditetapkan dengan Keputusan Bupati Jember Nomor 188.45/178/1.12/2022. Tercatat ada 31 desa di masing-masing kecamatan, yang menjadi peserta lomba tersebut. Prestasi tersebut membuktikan bahwa jajaran pemerintahan desa dan warganya kompak.

Baca Juga : Diskopum Jember Kerahkan UMKM dengan Produk Terbaik untuk Meriahkan Porprov VII

Kades Sidomulyo Kamiludin mengatakan, penghargaan tersebut merupakan jerih payah bersama warga desanya. Menurutnya, gotong royong merupakan konsep kebersamaan.

Baca Juga : Antisipasi Virus PMK, Dinas KKP Jember Menyiapkan 3 Langkah Antisipasi

“Insyallah setelah Hari Raya Idul Fitri, Desa Sidomulyo akan mewakili Kabupaten Jember di tingkat Provinsi Jawa Timur untuk mengikuti Lomba Desa Gotong Royong.

Terkait indikator penilaian, Kamiludin mengungkapkan bahwa proses penilaian meliputi kelengkapan administrasi, inovasi desa, hingga program kolaborasi pemerintah desa dengan masyarakat. “Pada dasarnya, program-program yang dikerjakan desa bersama masyarakat. Bukan program yang dibuat-buat karena mengikuti lomba,” tegasnya.

Diketahui, Desa Sidomulyo sedang membangun destinasi wisata Cafe Sawah dengan modal cukup fantastis. Yakni Rp 100 juta. Uniknya, modal tersebut berasal adalah iuran seluruh masyarakat desa. Terkumpulnya iuran hingga ratusan juta tersebut, menunjukkan bukti bahwa masyarakat desanya sadar membangun desa dengan gotong royong.

Terkait perlombaan di tingkat provinsi, Kamiludin akan meningkatkan inovasi yang telah ada. Yakni pada konsep desa berbasis digital. “Desa Sidomulyo kan sudah menjadi desa digital. Maka nantinya kita tingkatkan inovasi yang telah ada. Terlebih pada gotong royong berbasis digital. Hal tersebut sesuai dengan tagline Desa Sidomulyo,” jelasnya.

Perlu diketahui, Tak hanya memperoleh juara pertama Desa Gotong Royong, Desa Sidomulyo juga memperoleh Juara Kedua Lomba 10 Program Pokok PKK se Kabupaten Jember. (*/bp/sp)