Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2020-12-27 21:25:10

Rampungkan Agenda Konferta VI AJI Jember, Ini Program Ketua-Sekretaris Terpilih

SUKSES: Konferta VI AJI Jember sukses digelar dengan dua metode yakni offline dan online. Dalam Konferta tersebut, terpilih Ira Rachmawati sebagai ketua dan Faizin Adi Permana sebagai sekretaris.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Ira Rachmawati resmi terpilih menjadi ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kabupaten Jember periode 2020-2023. Jurnalis kompas.com itu terpilih dalam Konferensi kota (Konferta) ke VI yang digelar secara offline dan online (hybrid), Senin (26/12/2020).

Konferta yang berlangsung sehari penuh itu, juga menetapkan Faizin Adi Permana sebagai sekretaris. Dalam sambutannya Ira mengatakan, ada sejumlah agenda yang harus dituntaskan. Selain tugas utama yakni mengawal pers yang bebas, profesional, dan mewujudkan jurnalis sejahtera. 

Baca Juga : AJI Jember Desak Kepala Daerah Komitmen pada Keterbukaan Informasi Publik

Jurnalis yang akrab disapa Ira ini berjanji, akan memperbaiki pola adminitrasi organisasi. Termasuk transparansi keuangan. Kemudian menguatkan koordinasi para pengurus maupun anggota. Mengingat pengurus dan anggota AJI Jember juga mencakup wilayah Banyuwangi.

"Setelah ini kita kuatkan koordinasi. Baik koordinasi bersama anggota yang ada di Jember, maupun anggota yang ada di wilayah Banyuwangi. Karena saya juga domisili di Banyuwangi," ujarnya. 

Lebih lanjut, perempuan kelahiran Denpasar, 39 tahun silam itu mengatakan, agenda eksternal yang akan dilaksanakan yakni mengawal keterbukaan informasi pemerintah daerah. Menurutnya hal itu, sangat penting mengingat kerja kerja AJI di wilayah perjuangan kebebasan pers.

"Nanti kita akan datang dan kita sampaikan. Terutama kepada Bupati yang baru saja terpilih di Jember dan Banyuwangi tentang keterbukaan informasi itu," janjinya. 

Sekertaris terpilih, Faizin Adi menambahkan, melanjutkan capaian positif dari pengurus sebelumnya. Pihaknya berjanji ke depan akan memperluas gerakan dengan menjalin sinergi bersama elemen Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Baik yang ada di Jember maupun Banyuwangi.

"Kita harus memperluas gerakan dengan sinergi bersama elemen lain. Termasuk melanjutkan agenda penguatan jurnalisme warga," pungkasnya. (as/sp)