Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2021-11-24 23:47:15

Ribuan Personel dari Delapan Polres Amankan Pilkades Jember

SIAGA: Polres Jember tidak ingin pelaksanaan Pilkades serentak mengalami gangguan kamtibmas . Karena itu, pengamanan akan dibantu oleh personel polisi dari delapan polres wilayah tapal kuda.

JEMBER, TADATODAYS.COM – Kabupaten Jember sedang menyelenggarakan hajat besar, yakni Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak. Tahapan pemungutan akan digelar pada Kamis, (25/11). Untuk memastikan keamanan selama Pilkades berlangsung, sebanyak 1.468 personel dikerahkan.

Kabag Ops Polres Jember, Kompol Agus Supariono menjelaskan, personel yang akan diterjunkan itu merupakan personel gabungan yang berasal dari delapan Polres di wilayah Tapal Kuda.

Baca Juga : Berkas Pendaftarannya Dikembalikan Panitia, Tiga Bacakades Mengadu ke DPRD

Delapan polres tersebut yakni, Polres Pasuruan, Polres Probolinggo Kota dan Kabupaten, Polres Lumajang, Polres Jember, Polres Bondowoso, Polres Situbondo, dan Polresta Banyuwangi. "Selain itu, nanti juga dibantu personel TNI, Satpol PP serta Linmas," tuturnya.

Baca Juga : Dispendik Temukan Empat Ijazah Bacakades yang Diduga Palsu

Supariono mengatakan, pengamanan dengan jumlah keseluruhan 1.468  personel tersebut untuk menjamin pelaksanaan pemungutan suara berjalan aman dan lancar. "Personel pengamanan TPS sebanyak 532 personel, terdiri 142 berasal dari Polres dan 390 dari polsek," katanya.

Selain itu, pengamanan dilakukan dalam rangka upaya pengendalian massa dan antisipasi kerumunan di Tempat Pemungutan Suara (TPS). “Karena pandemi dcovid-19,” ujarnya.

Nah, jika terjadi hal yang tidak diinginkan dan akan memproses lebih lanjut, Polres Jember melibatkan Satreskrim.

Untuk diketahui, Pilkades serentak berlangsung di 59 desa yang tersebar di 25 kecamatan di Kabupaten Jember. Untuk jumlah total calon kades sebanyak 214 orang, yang terdiri dari 190 calon kades laki-laki dan 24 perempuan.  

Sementara untuk jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 494.492 pemilih. Lalu, jumlah TPS ada 905, dengan kekuatan panitia sebanyak 541 orang. Berikutnya, jumlah Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) sebanyak 8.145 orang, dan jumlah penyelenggara 8.686 orang. (as/don)