Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-03-23 20:44:19

Rumah Warga Pakuniran Diterjang Longsoran Tebing

RUSAK: Tembok rumah milik Tomo jebol hingga ke bagian paling atas. Peristiwa itu terjadi saat wilayah Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolingo diguyur hujan lebat dalam waktu yang cukup lama, Selasa (22/3/2022).

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Hujan deras yang melanda Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo, Selasa (22/3/2022), membuat sebuah tebing di Dusun Duren, Desa Gondosuli, longsor. Akibatnya, material tanah tebingan itu menimpa rumah warga hingga menjebol tembok ruang tamu.

Informasi yang berhasil dihimpun, peristiwa itu terjadi sekira pukul 18.00 WIB. Rumah tersebut milik Tomo, 50. Sementara tebingan itu berada di samping kanan rumah Tomo.

Baca Juga : Tanggul di Kotaanyaar Jebol, Satu Rumah Terancam

Karena hujan turun dalam waktu yang cukup lama, membuat tanah tebing tersebut menjadi labil dan longsor. Longsoran tebing itu kemudian menerjang tembok ruang tamu yang masih belum dikuliti.

Baca Juga : Tembok Penahan Tanah di Andungbiru Longsor, 3 Rumah Terdampak

Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Probolinggo Abdullah, saat dikonfirmasi pada Rabu (23/3/2022) mengatakan bahwa tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. pasalnya, Tomo dan keluarganya berada di dalam kamar. "Hanya kerugian materil," ucapnya saat dikonfirmsai melalui panggilan telepon seluler.

Abdullah menuturkan, proses pembersihan material tanah sudah dilakukan pada Rabu pagi.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap hati-hati dan terus waspada akan potensi bencana alam. Seperti angin kencang dan longsor. "Termasuk banjir juga perlu diwaspadai," katanya. (zr/don)