Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2022-05-18 21:56:11

Sambut Porprov, Disparbud Jember Optimalkan Layanan Hotel dan Informasi Wisata

PERSIAPAN: Kepala Disparbud Jembr Harry Agungtriono seusai RDP bersama Komisi B DPRD Jember membahas persiapan pihaknya menyambut Porprov. Ia menyebut sudah menyusun program berkaitan dengan optimalisasi wisata pada peserta, official, serta penonton Porprov.

TADATODAYS.COM, JEMBER - Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jember terus melakukan persiapan menyambut Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jawa Timur tahun 2022. Salah satunya bekerjasama dengan hotel dan penginapan di lokasi wisata, yang dekat dengan venue lomba.

Hal itu disampaikan Kepala Disparbud Jembr Harry Agungtriono saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi B DPRD Jember, Rabu (18/5/2022). “Pertama, kita akan memberikan pelayanan optimal di lokasi yang menjadi venue. Seperti Rembangan yang jadi venue downhill dan Kebonagung yang jadi venue renang,” terangnya.

Baca Juga : Meski Diterpa Badai Cedera, Panahan Jember Sukses Raih 5 Medali

Pihaknya berharap, seluruh atlet mapun pendamping nantinya menyewa penginapan milik pemkab yang berada di lokasi venue tersebut. Jika semua kamar habis terjual, maka akan memberikan tambahan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Baca Juga : Jember Gurat Sejarah Baru, Juarai Sepak Bola Putra Porprov VII

FASILITAS: Sejumlah fasilitas cabor yang dipertandingkan di Porprov Jember terus disiapkan. Tidak hanya itu, Disparbud juga turut berperan menyiapkan fasilitas hotel dan akses wisata untuk dimanfaatkan peserta, official, maupun penonton.

Selain itu, Disparbud akan memasang papan informasi di setiap hotel yang ada di Kabupaten Jember. “Kita akan datangi hotel-hotel terkait promosi dan juga persiapan kendaraan pengantar wisata,” katanya.

Lebih lanjut, terkait penyambutan gelaran Porprov VII, pihaknya masih menunggu rapat kordinasi bersama organisasi perangkat daerah (OPD) lain yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Terpisah, anggota DPRD Jember Nyoman Aribowo menilai Disparbud kurang serius menyambut gelaran Porprov. Hal itu dilihat dari bagaimana Disparbud menyusun program dan juga pola promosi. Sebelum terlambat, ia meminta Dispabud segera menggenjot promosi wisata yang masif. Baik secara digital maupun konvensional.

“Para tamu Porprov itu harus dijemput melalui sarana promosi yang maksimal. Mumpung masih ada waktu, mulai sekarang digalakkan promosi ke media,” katanya. Kabupaten Jember tidak menjadi tuan rumah sendiri dalam gelaran porprov tersebut. Ada Kabupaten Lumajang, Bondowoso, dan Situbondo yang juga menjadi tuan rumah.

Porprov rencananya akan digelar selama sepekan. Dimulai sejak 25 Juni hingga 3 Juli 2022 mendatang.  Selaku tuan rumah utama, Kabupaten Jember akan menjadi lokasi pembukaan agenda empat tahun sekali tersebut. (*/as/sp)