Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2021-07-28 18:44:41

Satgas Covid Jember Akan Jemput Warga Isoman untuk Dibawa ke Solter

ISOLASI: Sejumlah tempat tidur telah disiapkan di Jember Sport Garden, untuk dijadikan tempat isolasi terpadu bagi warga Jember yang terpapar covid-19 kategori OTG.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember melalui Satgas Penanganan Covid-19 setempat akan melakukan penjemputan kepada warga yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman), untuk dibawa ke tempat isolasi terpadu (solter) yang telah disiapkan.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember dr. Wiwik Supartiwi, saat dikonfirmasi menerangkan saat ini pihaknya telah menyiapkan dua lokasi solter khusus warga yang masuk dalam kategori orang tanpa gejala (OTG) dan tengah menjalani isoman di rumah masing-masing.

Baca Juga : Jurnalis di Banyuwangi Bagikan 500 Buku untuk Warga yang Jalani Isoman

Dua lokasi solter itu adalah, hotel Kebon Agung yang terletak di Kelurahan Kebon Agung, Kecamatan Kaliwates dengan kapasitas 70 tempat tidur dan stadion Jember Sport Garden (JSG) yang berada di Desa Ajung, Kecamatan Ajung dengan kapasitas lebih banyak yakni 100 kamar. "Kita akan mengevakuasi masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumahnya," katanya, Rabu (28/7/2021).

Langkah tersebut, ujarnya, sebagai bentuk layanan kesehatan serta untuk mempermudah perawatan pasien OTG. Semua warga yang berada di solter dipastikan akan mendapat kebutuhan isoman dengan mudah, sehingga dapat segera sembuh dari covid-19.

Wiwik melanjutkan, selain disiapkan lokasi solter tingkat Kabupaten, Bupati Jember Hendy Siswanto juga telah menginstruksikan pemerintah desa dan kecamatan di Jember untuk menyiapkan lokasi isolasi di wilayah masing masing. "Kalau ada warga yang menolak untuk dievakuasi ke solter, biar di isolasi diwilayah asal," ujarnya.

Karena, diakui Wiwik, tidak mudah untuk menarik masyarakat ke lokasi solter lantaran banyak warga yang lebih memilih dekat dengan keluarganya saat isolasi. Sehingga opsi isolasi mandiri di lokasi yang telah disediakan pemerintah desa atau kecamatan bisa menjadi solusi. (as/don)