Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-06-27 14:44:33

Satu Jamaah Haji asal Maron Meninggal Dunia di Arab Saudi

PEMBERANGKATAN: Jamaah haji asal Kabupaten Probolinggo saat diberangkatkan dari miniatur Kakbah.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo menerima kabar duka dari Arab Saudi. Salah satu jamaah haji asal Kabupaten Probolinggo, yaitu Fadillah Muhaki, 62, asal Dusun Krajan, Desa Maron Kulon, Kecamatan Maron, meninggal dunia saat menjalani perawatan di RSAS Makkah. 

Kasi Haji dan Umroh pada Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo Sugianto menyatakan, kabar duka itu diterima  pada Sabtu (25/6/2022) sore. Menurut Sugianto, Fadillah Muhaki memang sakit sejak masuk asrama haji Sukolilo Surabaya.

Baca Juga : Buntut Laka Sukoharjo, Kanit Laka dan Kasatlantas Dilaporkan ke Polresta

Kemudian yang bersangkutan diberangkatkan pada ke Tanah Suci pada 20 Juni 2022, bersama dengan kloter 22. “Bergabung sama Bangkalan dan Sidoarjo," jelas Sugianto, Senin (27/6/2022).

Baca Juga : Guru dan Purnawirawan Senggolan Motor, Purnawirawan Ditendang, Meninggal Dunia

Sesampai di Makkah, yang bersangkutan masih sempat melaksanakan ibadah umrah. Namun tak berselang beberapa lama, sakitnya kambuh kembali, hingga terpaksa dibawa ke RSAS Makkah. Dalam proses perawatan, Fadillah Muhaki akhirnya meninggal dunia. "Untuk ibadah hajinya masih akan dilaksanakan 3 hari sebelum hari raya," katanya.

Sugianto menambahkan, yang bersangkutan berangkat haji bersama sang istri, sehingga pemakamannya dipasrahkan ke RSAS Makkah. Karena itu, almarhum langsung dimakamkan di pemakaman yang ada di Arab Saudi. (zr/why)