Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2022-01-17 21:57:56

Sawah dan Jalan Desa di Tongas Terendam Banjir

BANJIR: Warga Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo, bersiaga selama banjir menerjang. Meski banjir tak sampai masuk ke rumah warga, namun akses jalan desa setempat terhambat karena banjir.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Pada Senin (17/1) sore, wilayah Probolinggo diguyur hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang. Tak ayal, sejumlah permukiman dan lahan pertanian pun terendam.

Salah satu wilayah terdampak yakni Dusun Merica, Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo. Lahan pertanian sawah di desa tersebut terendam, dengan ketinggian air mencapai 1 meter lebih.

Baca Juga : BMKG Banyuwangi Prediksi Banjir Rob Berlangsung Dua Hari

Tak hanya sawah, akses jalan di Desa Tanjung Rejo menuju Desa Klampok juga terendam. Dari pantauan tadatodays.com, terlihat sejumlah sepeda motor yang melintas sampai macet karena bagian mesin kemasukan air. Pengendara pun terpaksa mendorong motornya.

Baca Juga : Banjir Rob Landa Tiga Kelurahan di Banyuwangi

Nah, banjir di jalan desa tersebut juga mengalir ke halaman rumah warga. Beruntung, air tak sampai masuk ke rumah warga.

Samo, 48, warga setempat saat meninjau banjir mengatakan, air banjir tidak sampai masuk ke rumah-rumah warga. Sementara terkait banjir di jalan desa, ia menyarankan kepada pengendara melewati jalan alternatif di Desa Curah Tulis.

Menurutnya, banjir ini terjadi karena aliran sungai yang melintasi Dusun Merica meluap. "Sering terjadi banjir di jalan desa, di Dusun Merica ini. Tapi ya banjir tidak besar," ujarnya

Sementara, petugas Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Probolinggo, Rois Romli mengatakan, pihaknya menerima laporan banjir dari warga Dusun Mrica sekira pukul 16.00 WIB.

Dari laporan itu, ia dan anggota TRC lainnya langsung terjun ke lokasi. "Saat ini, petugas masih mendata rumah dan warga yang terdampak banjir," ujarnya. (ang/don)