Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2020-09-18 21:49:48

Selama September, Bea Cukai Jember Gelar Kegiatan Patuh Cukai

PATUH CUKAI: Pegawai Bea Cukai Jember saat melakukan operasi patuh cukai ke sebuah warung di kabupaten setempat. Fokus pada kegiatan ini adalah sosialisasi meski tak memungkiri adanya penindakan ketika ditemukan rokok ilegal.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Demi menekan laju rokok ilegal hingga 3 persen, Bea Cukai Jember menggelar operasi patuh cukai. Kegiatan yang gencar dilakukan selama September 2020 ini, dilakukan dengan membangun kesadaran masyarakat untuk tertib menggunakan pita cukai saat menjual atau membeli barang kena cukai.

Muhammad Awwaludin Firdaus Pelaksana Subseksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, saat ditemui tadatodays.com di kantornya menjelaskan, operasi ini tak jauh berbeda dengan operasi gempur rokok ilegal yang telah diterapkan pada bulan sebelumnya.

Baca Juga : Laporan Rokok Ilegal Bisa Lewat Aplikasi Siroleg

"Patuh cukai itu kegiatannya lebih berfokus pada memberikan edukasi ke masyarakat tentang ketentuan cukai di Indonesia," ujarnya, Jumat (18/9/20).

Baca Juga : KPPBC Tipe Madya Probolinggo, Tetap Gempur Rokok Ilegal di Tengah Pandemi

Pihaknya menyebut, masih banyak masyarakat yang belum tahu cukai itu apa. Bahkan barang apa saja yang dikenakan pita cukai.

Ada kekeliruan anggapan, seperti tembakau iris yang dijual eceran dalam satuan kilo, terkena bea cukai.

Pihaknya merinci tembakau iris yang terkena bea cukai adalah tembakau yang sudah dikemas secara modern. Ataupun dijual dalam kemasan-kemasan tertentu dan disertai merek. Tembakau itu tak lagi bebas cukai. Pengusaha tembakau iris yang demikian perlu mendaftarkan cukai bagi barang dagangannya.

"Sepanjang itu dijajakan secara tradisional dan tidak dikemas khusus, barang tersebut masuk dalam kategori bebas cukai," imbuhnya pejabat yang karib dipanggil Firdaus ini.

Firdaus menambahkan melalui operasi patuh cukai diharapkan, masyarakat Jember lebih teredukasi tentang barang apa saja yang bebas cukai ataupun wajib cukai. Wawasan demikian disosialisasikan kepada semua lapisan masyarakat. Baik produsen, penjual, dan pembeli.

Meski fokusnya adalah sosialisasi, dalam operasi patuh cukai pihaknya tetap akan melakukan penindakan terhadap barang-barang ilegal. "Penindakan juga dilakukan demi memutus mata rantai peredaran barang ilegal terutama rokok ilegal di Jember," pungkasnya. (as/hvn)