Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2020-08-23 22:54:53

Sempat Bergolak, PPP Dikabarkan Bakal Dukung Hendy Siswanto-Gus Firjaun

TERSENYUM: Sekretaris DPC PPP Jember Abu Yazid Merdeka memastikan jika surat rekomendasi bakal dipegang Hendy Siswanto-Gus Firjaun.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Internal PPP memanas jelang pendaftaran bacabup-bacawabup. Pasalnya, dalam sepekan terakhir dinamika di partai berlambang kakbah itu semakin menarik. Lebih-lebih setelah DPP berkirim surat mengundang bapaslon Hendy Siswanto dan Gus Firjaun ke Jakarta.

Sekretaris DPC PPP Jember Abu Yazid Merdeka, membenarkan surat undangan tersebut. Pihaknya menyebut surat undangan itu merupakan langkah politik DPP PPP, yang meminta Hendy dan Gus Firjaun ke Jakarta dalam rangka memantapkan koalisi partai pengusung dalam Pilkada Jember 2020.

Baca Juga : KPU Jember Batasi Dana Kampanye Pilkada setiap Calon Maksimal Rp 56 Miliar

Lebih lanjut, politisi yang akrab disapa Yazid itu mengatakan, DPP PPP akan segera menerbitkan surat rekomendasi pada Bacabup Hendy Siswanto dan Bacawabup KH. Balya Firjaun Barlaman alias Gus Firjaun.

Baca Juga : Unik, Lima Tuhan akan Kembali Berikan Hak Pilih di Pilkada Jember

Kepastian itu berangkat dari surat undangan yang diterbitkan DPP PPP untuk bapaslon Hendy dan Gus Firjaun itu. “Dapat dipastikan dalam minggu ini rekom dari DPP PPP kepada Hendy segera turun,” katanya.

Menurut Yazid, sebelumnya Ketua DPC PPP Jember memang sempat berharap agar DPP PPP merekom bacabup Djoko Susanto. Namun demikian, saat DPP memutuskan nama lain yakni Hendy, pengurus DPC PPP Jember siap mematuhi keputusan DPP.

"Partai-partai banyak yang merapat ke Haji Hendy dan Gus Firjaun. Insyallah PPP juga akan melakukan hal yang sama,” paparnya.

Sementara itu dikonfirmasi terpisah, Juru Bicara Tim Pemenangan Hendy-Gus Firjaun, Yudi Hartono menjelaskan, dengan kepastian rekom dari DPP PPP, mereka akan satu laan satu dalam petahana di Pilkada 2020.

Sejauh ini, parpol parlemen hanya PDIP dan Golkar yang belum menentukan sikap. Meski begitu diakui Yudi, Hendy dan Gus Firjaun tetap berusaha membangun komunikasi untuk mendapatkan rekom dari kedua partai tersebut.

Sebelumnya, beredar video pernyataan sikap pengurus DPC PPP Jember yang mendukung Djoko Susanto sebagai bacabup Jember, dipasangkan dengan Ketua DPC PPP Jember Madini Faruq atau biasa dipanggil Gus Mamak.

Sebelumnya beredar video yang didapat tadatodays.com berdurasi 1 menit 7 detik itu, tampak puluhan orang mengenakan atribut partai PPP. Dalam keterangannya, mereka mendeklarasikan Madini Faruq sebagai bacawabup.

Sekretaris DPC PPP Jember Abu Yazid Merdeka saat dikonfirmasi melalui pesan singkat oleh tadatodays.com, membenarkan keberadaan video tersebut. “Ya benar,” tulisnya singkat, Sabtu (22/8/2020).

Yazid menegaskan, video tersebut bukan rekom ataupun pernyataan surat tugas dari DPP PPP. Pernyataan yang muncul dalam video itu, hanya permohonan dari DPC PPP Jember kepada DPW PPP Jawa Timur dan DPP, karena menjelang pendaftaran calon, DPP PPP belum juga memberikan arahan maupum menentukan sikap politiknya.

“Belum ada (rekomendasi, Red) dalam bentuk apapun, hanya permohonan ke DPW dan DPP,” imbuhnya. Karena dalam Pilkada Jember 2020 mendatang, PPP diakui Yazid, mengehendaki duet Djoko Susanto dan Gus Mamak. (as/sp)