Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2022-06-14 15:26:56

“Si Beki” Maskot Utama Porprov Jatim 2022 Resmi Dilaunching

MASKOT: Si Beki, maskot utama Porprov Jatim VII resmi dilaunching di Kabupaten Jember, Selasa (15/6/2022) siang.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim edisi VII/2022 bakal dibuka pada 25 Juni 2022 di Jember. Sepuluh hari jelang pembukaan, yaitu Selasa (15/6/2022) sekitar pukul 11.30, maskot Porprov Jatim VII berjuluk Si Beki, resmi dilaunching di aula pendapa Wahyawibawagraha, Jember.

Si Beki merupakan maskot utama Porprov dari Pemprov Jatim. Nah, Si Beki dilaunching secara resmi bersama 4 maskot dari kabupaten yang menjadi tuan rumah Porprov VII,  yaitu si Jura dari Jember, si Babal dari Situbondo, si Ulung dari Bondowoso, dan si Rancak dari Lumajang.

Baca Juga : Jember Gurat Sejarah Baru, Juarai Sepak Bola Putra Porprov VII

Beki sendiri merupakan akronim dari Bekisar yang Lincah. Bekisar sendiri adalah nama ayam asli Jawa Timur. Secara filosofis maskot Beki memiliki arti berani, lincah, dan berprestasi.

Baca Juga : Kabupaten Probolinggo Raih 3 - 3 – 1 Medali Porprov Jatim 2022

Dalam keterangan persnya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan, “Pada gelaran Porprov VII ini memiliki tiga tujuan utama. Masing-masing adalah sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, dan sukses ekonomi.” Menurutnya si Beki sebagai maskot utama dirasa telah mempresentasikan ketiga keinginan sukses tersebut.

TIGA SUKSES: Gubernur Jatim bersama para pimpinan daerah yang menjadi tuan rumah Porprov Jatim 2022. Gubernur mengingatkan tiga sukses yang ingin dicapai dalam event Porprov Jatim 2022.

Selanjutnya, Khofifah melihat keempat kebupaten yang akan menjadi tuan rumah gelaran Porprov telah mempersiapkan diri dengan baik. Hal itu dapat dilihat dari serangkaian persiapan menuju pembukaan, salah satunya adanya maskot dari masing-masing kabupaten yang memiliki arti khas.

Lebih lanjut, karena ekonomi menjadi salah  satu tujuan gelaran Porprov, pihaknya meminta agar para UMKM di empat kabupaten bersiap menyambut Porprov yang akan dibuka pada Sabtu (25/6/2022) di Stadion Jember Sport Garden dan akan ditutup pada 3 Juli 2022 di Lumajang.

Sementara itu, Ketua Umum terpilih KONI Jawa Timur Muhammad Nabil mengatakan, pada Porprov 2022 ini akan diikuti sebanyak 10.151 atlet, official cabang olahraga sebanyak 3.512 orang, dan official kontingen sebanyak 823 orang.

Menurut Nabil, jumlah total yang mencapai 14.486 orang itu lebih banyak ketimbang gelaran Pekan Olahraga Nasional XX yang digelar pada tahun 2021 lalu yang hanya 9 ribu peserta.

Jumlah tersebut merupakan simbol kemeriahan dan juga kekuatan Jawa timur. Oleh karenanya pada Porprov kali ini diberi tema "Dari Jawa timur untuk Indonesia Menuju Prestasi Dunia,".

Tidak dipungkiri, kata dia, atlet-atlet hebat yang berlaga di kancah dunia mewakili Indonesia merupakan atlet jebolan Porprov. Untuk itu, Nabil berharap penyelenggaraan Porprov selama sepekan di empat kabupaten berjalan lancar dan memenuhi tiga sukses yang hendak dituju.

Sementara, dari pantauan tadatodays.com di lokasi terlihat launching maskot dihadiri oleh pimpinan daerah dari empat kabupaten tuan rumah. Mereka adalah Bupati Jember Hendy Siswanto, Bupati Bondowoso Salwa Arifin, Wakil Bupati Situbondo Khoirani, dan Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati Masdar. (as/why)