Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-10-25 17:35:08

Tahapan Pilkades Segera Dimulai, Pemkab Probolinggo Gencar Sosialisasi

KEBUT: Sosialisasi tahapan Pilkades juga dilakukan di kantor Kecamatan Kraksaan. Sosialisasi yang sama juga digelar di 23 kecamatan lainnya.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Pemerintah Kabupaten Probolinggo melakukan sosialisasi Pilkades di 24 kecamatan. Sosialisasi itu dilakukan guna memberikan pengumuman kepada masyarakat terkait tahapan Pilkades serentak tahap II di 252 desa akan segera dimulai.

Asisten Adminstrasi Pemerintahan dan Kesra Pemkab Probolinggo, Heri Sulistyanto mengatakan sosialisasi itu sudah dimulai sejak Jumat (23/10/2021) lalu. Ada beberapa hal yang disampaikan saat sosialisasi tersebut.

Baca Juga : Berkas Pendaftarannya Dikembalikan Panitia, Tiga Bacakades Mengadu ke DPRD

Di antaranya tentang perubahan Peraturan Bupati (Perbup) yang baru tentang Pedoman Pelaksanaan Pilkades. Dan, pemberitahuan bahwasanya tahapan awal pilkades bakal dimulai 28 Oktober mendatang. "Target (sosialisasi) selesai sebelum tahapan dimulai," katanya, Senin (25/10).

Baca Juga : Dispendik Temukan Empat Ijazah Bacakades yang Diduga Palsu

Ia mengatakan untuk kepanitiaan tingkat kabupaten sudah dibentuk, dan tinggal panitia tingkat kecamatan dan desa masih belum terbentuk.

Dengan begitu, pihaknya menargetkan sebelum tanggal 28 Oktober nanti, panitia kecamatan dan desa sudah terbentuk.

Sementara untuk pembukaan pendaftaran calon kepala desa (cakades) akan dilaksanakan selama 9 hari kerja, terhitung sejak tahapan dimulai. "Jadi harus segera gerak cepat," katanya.

Sekadar informasi, pilkades serentak di 252 desa se Kabupaten Probolinggo direncanakan digelar pada bulan Februari 2022 mendatang. (zr/don)