Bryan Bagus Bayu Pratama


Wartawan Tadatodays.com | 2022-03-30 17:48:50

Tak Hanya Kopi, Desa Sidomulyo Akan Kembangkan Alpukat Super dan Durian

MANFAATKAN POTENSI: Kades Sidomulyo Kamiludin mengupayakan desanya tak hanya sebagai penghasil kopi terbaik kualitas ekspor, namun juga durian dan alpukat mentega.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Pemerintah Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember berencana mengembangkan sentra buah durian dan alpukat mentega. Harapannya, Desa Sidomulyo tak hanya menjadi sentra kopi terbaik di Jember, namun juga alpukat dan durian.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Desa Sidomulyo Kamiludin pada tadatodays.com, Rabu (30/3/2022). Kamil –sapaan akrabnya- menyebut, ia telah membagi klaster pertanian durian di desanya. Tak hanya dari pemerintah, pihaknya juga melibatkan masyarakat untuk turut mengembangkan potensi tersebut.

Baca Juga : Tampilkan Tari Lahbako dan Sadeng secara Kolosal dalam Pembukaan Porprov VII

“Kami mendorong masyarakat untuk terlibat dalam proses budidaya durian. Harapannya, dua sampai tiga tahun ke depan, Sidomulyo menjadi pusat durian selain menjadi sentra kopi terbaik di Jember,” katanya.

Baca Juga : Dispora Jember Optimistis 15 Venue Porprov Jatim VII Siap Dipakai

Terkait pengembangan alpukat, Kamil mengatakan bahwa alpukat jenis mentega yang ada di Desa Sidomulyo sudah mulai berjalan dan sudah panen dua kali dalam setahun. Bahkan, pengembangannya beriringan bersama kopi.

Pria yang biasa disapa Mas Kades ini juga mengatakan, program unggulan melalui durian dan alpukat ini digagas sebagai upaya meningkatkan potensi pertanian di desanya. “Memang ikon utama desa kami adalah kopi, basic sebagai ekspor. Namun, kita punya potensi buah-buahan yang juga memiliki kualitas unggu dan dapat diekspor,” katanya.

Lebih lanjut Kamil mengatakan, tujuan dari meningkatkan potensi desa tersebut, tidak lain adalah meningkatkan perekonomian masyarakat agar lebih berdaya. Sehingga, angka kemiskinan dapat menurun berbanding lurus dengan angka kesejahteraan yang meningkat. (*/bp/sp)