Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2021-07-24 15:08:47

Tak Kuat Menanjak, Truk Muat Bahan Kimia 9 Ton Masuk Jurang 10 Meter

APES: Truk mat bahan kimia seberat 9 ton masuk ke jurang di Kecamatan Patrang lantaran tak kuat menanjak. Beruntung tak ada korban jiwa dari kecelakaan tunggal tersebut.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Sebuah truk dengan nomor polisi P-9915-AC mengalami kecelakaan tunggal hingga masuk ke dalam jurang sedalam 10 meter,  Sabtu (24/7/2021). Peristiwa yang terjadi di Jl. Merak Kelurahan Gebang, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember itu disebabkan karena truk tak kuat menanjak.

Akibat kecelakaan tersebut, truk bermuatan bahan kimia methyl ester sulfonate tersebut rusak berat lantaran mengalami benturan saat masuk ke dasar jurang. Beruntung, 3 orang yang terdiri dari 1 sopir dan 2 kenek itu, selamat. Hanya, sopir yang belum diketahui namanya itu mengalami luka ringan di bagian telinga.

Baca Juga : Penyakitnya Kambuh saat Kendarai Motor, Pria Asal Kanigaran Tewas Tabrak Tembok

Thohari, 40, warga setempat yang menjadi saksi mata pada tadatodays.com mengatakan, peristiwa itu terjadi sekira pukul 09.00 WIB. Truk yang belakangan diketahui bermuatan 9 ton bahan kimia itu, melaju dari arah selatan ke arah barat menuju Lumajang.

Baca Juga : Dua Pengedara Motor Tewas Terlindas Truk Aspal

Setibanya di lokasi kejadian dengan medan menanjak terjal sepanjang 100 meter, truk seketika tak bisa menanjak. Truk kemudian mundur dan terguling ke sisi kiri jalan yang merupakan jurang 10 meter. “Keneknya loncat. Kalau sopirnya cuma luka di bagian telinga. Sopir kemudian dibawa ke rumah sakit,” katanya.

Terpisah, Kanit Laka Satlantas Polres Jember Ipda Kukun Waluwi Hasanudin saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon mengatakan, pihaknya belum bisa menyampaikan data lengkap lantaran pengemudi dan kenek truk menghilang sesaat setelah kejadian. “Itu (truk, Red) gak ada yang nunggu. Pemiliknya ini gak tanggung jawab,” katanya.

Namun demikian, demi kenyamanan pengandara lain, pihaknya tengah mencari mesin derek untuk mengevakuasi truk dari dasar jurang. “Ini kita carikan derek yang mampu karena milik kita tidak kuat,” ujarnya.

Untuk mencegah kejadian serupa terulang, ia mengimbau pada pengadara lainnya agar berhati-hati saat melintas di tanjakan tersebut. Pasalnya, tanjakan itu di tambah sisi kiri jalan yang berhadapan dengan jurang, rawan terjadi kecelakaan. (as/sp)