Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2022-05-25 21:14:39

Tampilkan Tari Lahbako dan Sadeng secara Kolosal dalam Pembukaan Porprov VII

KESENIAN LOKAL: Tari Lahbako yang merupakan tarian lokal Jember akan ditampilkan dalam pembukaan Porprov VII di JSG.

TADATODAYS.COM, JEMBER - Panitia Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur VII bakal menampilkan tontonan apik dalam opening ceremony perhelatan olahraga terakbar di Jawa Timur. Selain menghadirkan sejumlah artis nasional asal Jember, panitia juga akan menampilkan tari Lahbako dan Sadeng secara kolosal. 

Tak tanggung-tanggung, 1.500 penari akan tampil dalam pembukaan yang akan digelar di Jember Sport Garden (JSG) pada 25 Juni 2022 mendatang. Ribuan penari itu berasal dari siswa-siswi SMP di Jember.

Baca Juga : Meski Diterpa Badai Cedera, Panahan Jember Sukses Raih 5 Medali

“Supaya opening nanti meriah, kami akan menghadirkan tarian asli Jember (Lahbako dan Sadeng, Red) secara kolosal. Penarinya itu dari anak-anak SMP,” ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jember Murdiyanto, pada tadatodays.com, Rabu (25/5/2022).

Baca Juga : Jember Gurat Sejarah Baru, Juarai Sepak Bola Putra Porprov VII

Murdiyanto mengatakan, sebagai tuan rumah utama, Pemkab Jember wajib memberikan suguhan menarik. Terutama menunjukkan identitas Jember pada seluruh kontingen yang hadir. Dengan begitu, kesenian lokal Jember semakin dikenal luas.

“Selain sukses prestasi dan ekonomi, semoga kita benar-benar bisa sukses dalam penyelenggaraan ini,” ungkap Murdiyanto penuh harap. Untuk kebutuhan para penari, nantinya akan disiapkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jember.

Terpisah, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMPN Jember Syaiful Bahri mengatakan, pihaknya telah menggelar rapat kordinasi dalam rangka menyukseskan pembukaan Porprov bersama  15 kepala sekolah, Selasa (24/5/2022).

Dalam pertamuan tersebut, kepala sekolah bersedia menyiapkan siswa-siswinya yang duduk di bangku kelas 7 atau 8, terlibat sebagai penari. Butuh waktu selama satu bulan bagi mereka untuk latihan. “Nanti latihan secara bergiliran di SMPN 7 Jember,” terangnya. (*/as/sp)