Iqbal Al Fardi


Wartawan Tadatodays.com | 2022-08-15 15:18:14

Tanggap Kondisi, AJI Jember Gelar Pelatihan Peliputan Isu Lingkungan

PELATIHAN: Ketua AJI Kota Jember Ira Rachmawati memaparkan materi tentang mitigasi resiko dalam pelatihan liputan isu lingkungan, Senin (15/8/2022).

JEMBER, TADATODAYS.COM -  Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jember mengadakan pelatihan bertajuk Keselamatan dan Keamanan Peliputan Isu Lingkungan, Senin (15/8/2022). Bertempat di Kedai Nong, Kecamatan Sumbersari,  pelatihan ini dilakukan karena kondisi Jawa Timur masih lekat dengan isu lingkungan.

Pelatihan ini diikuti oleh peserta dari pers kampus dan jurnalis media umum. Adapun  materi disampaikan oleh Ketua AJI Jember Ira Rachmawati, wartawan Mongabay Zuhana, dan tim cek fakta Kompas.com Ahmad Suudi.

Baca Juga : Raperda Tibumtram Diuji Publik, AJI Jember: Ada Pasal Diskriminatif

Pelatihan dimulai pada pukul 08.35.  Ira membuka acara dengan meminta peserta untuk menulis tujuan mereka dalam mengikuti agenda tersebut.  Selanjutnya, Ira memberikan materi terkait persiapan dalam peliputan isu lingkungan. Ia juga membagi pengalaman peliputannya kepada peserta.

Baca Juga : Refleksi Kondisi Pertanian, AJI Kota Jember Nobar Film Silat Tani

Setelah Ira membuka pembahasan, jurnalis Mongabay Zuhana mendapat giliran untuk memaparkan materinya. Ia membahas tentang keamanan fisik di lapangan saat liputan lingkungan. Zuhana juga sedikit menceritakan pengalamannya saat peliputan.

Sedangkan Ahmad Suudi mengisi materi terkait keamanan digital. Beberapa materi yang disampaikan diantaranya ialah tentang edukasi pengamanan digital, cek akun yang telah teretas dan pengenalan beberapa website keamanan digital.

Ira menjelaskan bahwa pengangkatan tema keselamatan dan keamanan peliputan isu lingkungan diperlukan, sebab Jawa Timur lekat dengan isu tersebut. "AJI Kota Jember sudah beberapa kali mengangkat tentang pembahasan isu lingkungan. Sebab hal tersebut sangat dekat dengan wilayah Jawa Timur," jelas Ira yang juga menjadi editor regional Kompas. (iaf/why)