Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-05-10 14:26:41

Tanggul di Kotaanyaar Jebol, Satu Rumah Terancam

JEBOL : Tanggul penahan tanah di Desa Tambak Ukir, Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo jebol pada Senin (9/5/2022) sore setelah hujan deras mengguyur.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Hujan deras pada Senin (9/5/2022) sore di Desa Tambak Ukir, Kecamatan Kotaanyar, Kabupaten Probolinggo, berdampak longsor. Tanggul Penahan Tanah (TPT) di depan rumah di Dusun Alaskambang, Desa Tambak Ukir, jebol dan longsor. Longsoran itu mengancam rumah milik Radianto, 42.

Abdul Halik, seorang warga setempat mengatakan, longsornya TPT itu terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Saat itu hujan deras mengguyur sejak sore hari. Dampaknya, TPT sampai jebol dan longsor. TPT tersebut panjangnya mencapai 27 meter. Sedangkan yang jebol dan longsor sepanjang 7 meter. 

Baca Juga : Tembok Penahan Tanah di Andungbiru Longsor, 3 Rumah Terdampak

"Beruntung tidak ada korban jiwa," kata Halik, Selasa (10/5/2022).  Menurutnya, sampai hari itu  belum ada penanganan dari pemerintah kabupaten. Namun pemerintah desa bersama Koramil dan Polsek setempat sudah memantau lokasi longsor tersebut.

Baca Juga : Rumah Warga Pakuniran Diterjang Longsoran Tebing

Menurutnya, jika tidak segera ditangani, hujan deras susulan dapat berimbas pada rumah Radianto. Sebab, rumah itu hanya berjarak tak sampai 5 meter dari TPT yang longsor. Jadi dikhawatirkan, rumah tersebut akan ikut ambrol.

Sementara,  Kasi Kedaruratan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo Abdullah mengaku sudah mengetahui peristiwa tersebut. Namun untuk penanganannya, pihak BPBD masih menunggu surat dari pemerintah desa setempat melalui camat yang ditujukan kepada Plt Bupati Probolinggo. "Nanti tinggal penanganannya," terangnya.

Saat ini, tambah Abdullah, pihaknya masih melakukan koordinasi dengan pemerintah desa. Terutama guna mengantisipasi terjadinya longsor susulan. (zr/why)