Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-04-20 19:04:46

Tembok Penahan Tanah di Andungbiru Longsor, 3 Rumah Terdampak

LONGSOR: Petugas BPBD dibantu warga setempat telah memasang terpal untuk menahan tanah di area plengsengan yang longsor. Bencana alam tersebut terjadi pada Rabu pagi (20/4/2022), di Desa Andungbiru, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo pada Selasa malam (19/4/2022), membuat Tembok Penahan Tanah (TPT) atua plengsengan di Dusun Lawang Kedaton, Desa Andungbiru, Kecamatan Tiris, longsor pada Rabu (20/4) sekira pukul 04.00 WIB. Akibatnya, tiga rumah mengalami kerusakan di bagia belakang.

Ketiga rumah tersebut milik Bunasan, 64; Nimah, 64, dan Sanemah, 62. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Baca Juga : Tanggul di Kotaanyaar Jebol, Satu Rumah Terancam

Kasi Kedaruratan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, Abdullah mengatakan plengsengan yang longsor itu panjangnya sekitar 50 meter. BPBD telah memasang terpal di area plengsengan yang longsor, guna mengantisipasi longsor susulan. "Letak plengsengannya berada di belakang rumah warga," katanya.

Baca Juga : Rumah Warga Pakuniran Diterjang Longsoran Tebing

Penutupan plengsengan menggunakan terpal itu dilakukan oleh BPBD setempat bersama warga sekitar, sambil menunggu perbaikan TPT oleh pemerintah.

Abdullah menjelaskan, sebenarnya ada 5 rumah yang berada dekat dengan area longsor. Hanya saja dua rumah lainnya tidak terdampak, karena jaraknya lebih jauh dibanding 3 rumah yang terdampak. "Beruntung tidak ada korban jiwa," syukurnya.

Abdullah mengimbau kepada masyarakat yang rumahnya berada dekat degan TPT, karena bencana alam bisa terjadi kapan saja. (zr/don)