Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-05-21 15:18:43

Tertimbun Tanah Longsor, Jalan Dusun Tambak Ukir Lumpuh

LONGSOR: Badan jalan di Dusun Kayu Dara, Desa Tambak Ukir, Kotaanyar Kabupaten Probolinggo yang tertutupi longsoran tanah. (foto: istimewa)

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Hujan deras yang melanda Kabupaten Probolinggo pada Jumat (20/5/2022) berdampak buruk di Kecamatan Kotaanyar, Kabupaten Probolinggo. Terjadi tanah longsor di Dusun Kayu Dara, Desa Tambak Ukir. Material longsor pun menutupi badan jalan dusun setempat.

Abdul Holik, seorang warga sekitar mengatakan, tanah longsor terjadi Jumat sekitar pukul 17.00 WIB. Longsoran tanah kemudian menutupi badan jalan masuk ke Dusun Kayu Dara. "Longsor dari ketinggian 6 meter. Panjangnya 7 meter," paparnya, Sabtu (21/5/2022).

Baca Juga : Awas, Bahu Jalan Jalur Gunung Gumitir di Sidomulyo Longsor

Di dusun tersebut terdapat 19 rumah warga. Aktivitas mereka akhirnya terganggu karena jalan yang tertutup longsor tersebut. 

Baca Juga : Diterjang Hujan, Atap Lapuk Kantor Desa Tambak Ukir Ambrol

Holik menceritakan, mulanya hujan melanda Desa Tambak Ukir pada Jumat sekitar pukul 13.00 WIB.  Hujan tersebut belum berhenti hingga petang. Alhasil, pada pukul 17.00 WIB, tanah yang bertekstur lembek akhirnya longsor.

Beruntung tak ada korban dalam peristiwa itu. Saat kejadian tidak ada orang yang melintas. Tempat terjadinya longsor itu juga jauh dari rumah-rumah warga.

Sejatinya, lanjut Holik, kerja bakti untuk membersihkan material longsor itu rencananya dilakukan setelah kejadian. Hanya, hujan deras membuat masyarakat masih takut untuk melakukan pembersihan. Mereka khawatir terjadi longsor susulan.

Sementara, Kasi Kedaruratan pada BPBD Kabupaten Probolinggo Abdullah mengatakan, pihaknya sudah mendapat laporan kejadian tersebut. Hanya, karena material longsor tidak begitu parah,  pembersihan dilakukan oleh pemerintah desa setempat bersama warga dan perwakilan dari pihak BPBD yang ada di kecamatan. "Jadi kerja bakti untuk proses pembersihannya," kata Abdullah saat dikonfirmasi melalui telepon. (zr/why)