Bryan Bagus Bayu Pratama


Wartawan Tadatodays.com | 2022-04-02 16:51:41

Tiket Kereta Api Mudik Lebaran Sudah Bisa Dipesan

FASILITASI: KAI menyediakan berbagai macam cara untuk pemesanan tiket bagi masyarakat yang akan memanfaatkan kereta api sebagai moda transportasi. Terutama saat mudik lebaran.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Bagi masyarakat yang hendak mudik kini bisa memesan tiket kereta api pada masa angkutan lebaran 1443 Hijriyah. Baik melalui aplikasi KAI Access, Web KAI.id, loket stasiun, maupun seluruh channel resmi penjualan tiket KAI.

Saat ini KAI menerapkan kebijakan penjualan tiket KA jarak jauh mulai H-30 sebelum keberangkatan. Per 1 April, KAI menjual tiket mulai H-45 sebelum keberangkatan, sehingga masyarakat sudah dapat membeli tiket untuk perjalanan 1 April sampai dengan 16 Mei 2022 dan seterusnya.

Baca Juga : Tampilkan Tari Lahbako dan Sadeng secara Kolosal dalam Pembukaan Porprov VII

Vice President Daop 9 Jember Broer Rizal mengatakan, perubahan ini dilakukan untuk memberikan ruang bagi masyarakat dalam merencanakan perjalanannya dengan kereta api pada masa angkutan lebaran. Dengan begitu, masyarakat bisa segera merencanakan perjalanan mudiknya.

Baca Juga : Dispora Jember Optimistis 15 Venue Porprov Jatim VII Siap Dipakai

 “Terkait syarat, kami mengimbau masyarakat untuk mengikuti perkembangan informasi yang ada. Kami juga sedang menunggu peraturan resmi terbaru terkait aturan tersebut,” katanya pada tadatodays.com, Jumat (1/4/2022).

KAI menetapkan masa angkutan lebaran yaitu H-10 sampai H+10 atau 22 April sampai 13 Mei 2022. Pada periode tersebut, KAI memprogramkan perjalanan rata-rata 401 KA per hari, dengan kapasitas yang disediakan rata-rata per hari sebanyak 216.608 tempat duduk KA jarak jauh dan KA lokal per hari.

Sesuai aturan dari pemerintah, kapasitas yang ditetapkan untuk KA jarak jauh yaitu 100 persen dan untuk KA lokal yaitu 70 persen. Sedangkan untuk wilayah Daop 9 Jember sendiri, diprogramkan perjalanan KA rata-rata 18 KA per hari. Dengan kapasitas rata-rata 10.424 tempat duduk KA jarak jauh dan KA lokal.

Sampai dengan 31 Maret 2022, KAI Daop 9 Jember telah menjual sebanyak 27.233 tiket KA jarak jauh untuk keberangkatan periode 22-30 April 2022 atau 11,9 persen dari total tiket yang disediakan untuk Daop 9.

KA favorit masyarakat pada periode tersebut yaitu KA Sritanjung relasi Ketapang-Lempuyangan PP dan KA Probowangi relasi Ketapang-Surabaya Gubeng PP. Adapun tanggal keberangkatan favorit masyarakat yaitu 25-26 April 2022.

"Tiket KA pada masa angkutan lebaran masih cukup banyak tersedia. Masyarakat dapat segera memesan tiket untuk keberangkatan angkutan lebaran melalui berbagai channel penjualan yang tersedia,” ujar Broer –sapaan akrabnya-. (bp/sp)