Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2020-07-22 16:49:13

Tujuh Fraksi DPRD Jember Kompak Makzulkan Bupati Faida

TEMUI PENDEMO: Ketua DPRD Jember Itqon Syaudi (safari hitam) saat memberikan penjelasan hasil paripurna yang memakzulkan Bupati Faida.

JEMBER, TADATODAYS.COM - DPRD Jember kompak akan memakzulkan Bupati Faida. Kesepakatan memakzulkan orang nomor satu di Jember itu terjadi saat wakil rakyat itu menggelar sidang paripurna dengan agenda hak menyatakan pendapat (HMP), Rabu (22/7/2020). Paripurna sendiri berlangsung selama 4 jam.

Harusnya, sidang paripurna tersebut dihadiri langsung Faida. Namun, Faida yang kembali maju dalam Pemilihan Serentak 2020 melalui jalur perseorangan itu tidak hadir. Permintaan untuk hadir dalam paripurna melalui telekonferensi ditolak 44 anggota dewan yang hadir.

Baca Juga : Mahasiswa Jember Blokade Jalan Duduki Bundaran DPRD Jember

Wakil Ketua DPRD Jember Ahmad Halim usai sidang pada sejumlah awak media mengatakan, ada 7 fraksi yang sepakat memakzulkan Faida. Di antaranya, Fraksi Gerakan Indonesia Berkarya, Fraksi PKS, Fraksi PPP, Fraksi PKB, Fraksi Pandekar, Fraksi Nasional Demokrat, dan Fraksi PDI Perjuangan.

Baca Juga : Puluhan Masa Aksi Tolak Omnibuslaw Diamankan Polisi

Sebagai syarat adminitrasi, pimpinan DPRD Jember akan segera mengirim draf rekomendasi pemberhentian Faida ke Mahkamah Agung (MA). Selanjutnya fakta-fakta usulan itu akan dilakukan uji pendapat dengan mekanisme yang ada di MA. Jika benar, maka Presiden Joko Widodo harus mengeluarkan SK pemberhentian Faida sebagai Bupati Jember.

“MA yang ditunjuk oleh undang-undang untuk menguji itu (usulan pemakzulan, Red). Nanti kami lengkapi dokumennya. Kami kirim ke MA dengan terlebih dahulu menunggu perkembangan proses kalkulasi politik,” kata politisi Partai Gerindra itu.

Selain itu, kata Halim (sapaan akrabnya), DPRD Jember juga mengusulkan pada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Mendagri Muhammad Tito Karnavian untuk segera memberikan sanksi administrasi pada Bupati Jember.

Sementara itu, ketua DPRD Jember Itqon Syauqi mencoba menenangkan massa aksi yang hingga pukul 15.00 WIB belum membubarkan diri. Di hadapan massa aksi, Itqon menyampaikan hasil sidang paripurna usulan HMP. Tak ayal penyampaian Itqon yang senada dengan tuntutan peserta aksi, disambut salawat.

“Mulai hari ini, secara politik DPRD Jember resmi memecat Faida sebagai Bupati Jember. Kami tidak lagi menganggap Faida sebagai Bupati Jember,” serunya berapi-api. Baru sekitar pukul 15.30 WIB, massa berangsur membubarkan diri.

Dalam pantauan tadatodays.com, terlihat sebagian massa aksi membersihkan sampah yang berserakan. Tak sedikit peserta aksi juga membawa anak-anak. (as/sp)