Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2020-10-19 20:13:51

Unik, Lima Tuhan akan Kembali Berikan Hak Pilih di Pilkada Jember

HANYA NAMA: KPU Jember mencatat ada 5 pemilik nama Tuhan akan memberikan hak pilih dalam Pilkada Jember.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Lima Tuhan akan kembali memberikan hak pilihnya dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Jember tahun 2020. Diketahui sejak Pilpres 2014 lalu, ada lima orang bernama Tuhan yang telah menyalurkan hak pilihnya di TPS.

Komisioner KPU Jember Divisi Data dan Informasi Ahmad Hanafi saat ditemui tadatodays.com di ruang kerjanya, Senin (19/10/2020) mengatakan, warga Jember yang bernama Tuhan itu, telah diketahui sebagai pemilih tetap sejak pilpres 2014.

Baca Juga : PKPU Belum Siap, Penyintas Covid-19 di Rumah Karantina Belum Jelas Hak Suaranya

Namun, berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) jumlah pemilih atas nama Tuhan berkurang satu orang. Sebab pada saat Pilpres 2019 jumlah pemilih bernama Tuhan ada enam orang.

Baca Juga : KPU Jember Terima Surat Suara 1.873.404 Lembar, Packing Libatkan 50 Orang

“Ada lima pemilih dengan nama Tuhan di pilkada sekarang ini. Tapi berkurang karena dulu (Pilpres 2019, Red) ada enam yang terdata,” ujar Hanafi. Ia tidak mengetahui secara pasti kemana satu Tuhan lagi berada. Sehingga tidak tercatat di DPT.

Ia menduga, kemungkinan satu Tuhan telah pindah domisili. Yang jelas, kata Hanafi, tidak ada perlakuan khusus terhadap pemilih dengan nama Tuhan tersebut.

Hanafi menambahkan, kelima pemilik nama Tuhan itu berasal dari 5 kecamatan yang berbeda. Yakni Kecamatan Balung, Kencong, Arjasa , Patrang, dan Sumberbaru. (as/sp)