Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2021-04-28 22:31:28

Unik, Warga Jember Bangunkan Sahur dengan Kesenian Reog Ponorogo

KREATIF: Sejumlah anak dan remaja di Kelurahan Baratan, Kecamatan Patrang, Jember antusias saat melihat kesenian Reog Ponorogo, yang tampil untuk membangunkan warga sahur.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Berbeda dengan cara pada umumnya. Cara membangunkan warga agar bangun sahur yang dilakukan sekelompok pemuda di Kabupaten Jember ini tergolong unik. Ya, mereka membangunkan warga dengan menyajikan tarian reog.

Sekolompok pemuda tersebut berada di Kelurahan Baratan, Kecamatan Patrang. Mereka tergabung dalam kelompok kesenian Nirtasari Putro.

Baca Juga : Ngabuburit, Pemuda Ini Dicelurit dan Motor Raib

Kesenian Reog Ponorogo yang ditampilkan lengkap dengan kendang, gamelan, trompet, dan penari reog itu, cukup menarik perhatian masyarakat.

Baca Juga : Berkali-kali Dibangunkan untuk Sahur, Pria Ini Ditemukan Meninggal

Terlihat, saat kendang ditabuh dan penari reog mulai melenggak-lenggok menyusuri jalan, anak-anak hingga orang dewasa pun mendekat dan menyaksikan selama penampilan.

Bahkan, ada warga yang bersemangat mengikuti arak-arakan penampilan reog saat keliling lingkungan kelurahan.

Buruaji, selaku kelompok kesenian Nirtasari Putro mengatakan, kegiatan membangunkan sahur dengan penampilan Reog Ponorogo telah dilakukan sejak beberapa tahun terahir. "Ia ini kita tampilkan rutin setiap bulan puasa," ujarnya, Selasa (27/4/2021) dini hari.

Cara tersebut dipilihnya, selain agar masyarakat semangat bangun sahur, ia juga ingin kesenian yang selama ini ditekuni olehnya terus dikenal oleh masyarakat sekitar.

Diakui olehnya, selama ini kesenian tari khususnya di Jember belum mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah desa maupun kabupaten.

Rata-rata, pegiat seni menjalankan keseniannya secara mandiri. Meski kelompoknya masih mendapatkan panggilan tampil kegiatan hajatan.

Ia berharap ada perhatian dari pemerintah daerah, sehingga pelaku seni seperti dirinya bisa terus melakukan aktivitas seninya dan menumbuhkan minat seni kepada generasi muda. "Harapanya gimana caranya kesenian kami tambah maju, dan mohon bantuannya," ujarnya. (as/don)