Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2021-07-02 20:08:41

Usai Gelar Wisuda Tatap Muka, 11 Dosen UIN KHAS Jember Positif Covid-19

POSITIF CORONA: Kegiatan wisuda secara langsung yang digelar kampus UIN KHAS Jember, berdampak adanya 11 dosen di kampus tersebut yang terkonfirmasi positif covid-19.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Penyebaran covid-19 di Universitas Islam Negeri KH. Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember, terus bertambah. Kali ini, 11 dosen dinyatakan terkonfirmasi positif covid-19.

Informasi itu disampaikan langsung Rektor UIN KHAS Babun Suharto, Jumat (2/7/2021) sore.

Baca Juga : Jika Nekat Gelar Wisuda, Satgas Covid Probolinggo Bakal Membubarkan

Menurut Babun, kesebelas dosen itu wajib melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing. “Tapi kategori OTG,” katanya.

Baca Juga : Gelar Wisuda Secara Langsung, UIN KHAS Jember Didatangi Satgas Covid

Babun mangaku, sebagai langkah antisipasi di wilayah kampus UIN KHAS, pihaknya telah melakukan sejumlah langkah. Seperti, penerapan ketat protokol kesehatan, menyemprotkan disinfektan berkala, membuat jam masuk kerja bergantian, dan dosen yang akan berkegiatan di kampus wajib untuk melakukan Swab Tes Antigen terlebih dahulu.

Selain itu, langkah antisipasi pihak kampus juga menerapkan WFH. "Setiap hari hanya 25 persen karyawan yang masuk  bergantian," ujarnya.

Namun demikian, pihak kampus tetap membantu pemerintah untuk menurunkan angka covid-19 dengan melakukan tes swab antigen setiap ada kegiatan.

Untuk kegiatan perkuliahan, kata Babun, juga dilakukan secara daring. "Kami mengimbau agar para karyawan dan mahasiswa disiplin menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Perlu diketahui, sebelum adanya 11 dosen terkonfirmasi positif covid-19, pada Selasa 9 Juni 2021 lalu kampus yang dulu bernama IAIN Jember itu sempat menggelar kegiatan wisuda secara tatap muka langsung. Jumlah wisudawan yang hadir sebanyak 400 orang.

Namun kegiatan wisuda tatap muka langsung itu dibagi dalam 2 gelombang, dan hanya diikuti 200 orang mahasiswa saat pertama kali digelar.

Pada pelaksanaan wisuda kedua diambil pertimbangan dengan dilaksanakan secara luring dan daring, dimana jumlah wisudawan tetap 200 orang.

Dalam mekanismenya, hanya 25 orang perwakilan dari masing-masing fakultas yang melaksanakan wisuda luring. Sedang sisanya 175 orang secara daring.

Pelaksanaan wisuda luring itu juga dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19 ketat, serta diawasi Satgas Penanganan Covid-19 Tingkat Mikro Kecamatan Kaliwates. (as/don)