Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2021-07-26 15:07:07

Viral Video Jenazah Covid di Jember Tergeletak di Pinggir Jalan

VIRAL: Gambar yang menunjukkan jenazah covid-19 berada di pinggir Jalan Sultan Agung, Kelurahan Kepatihan, Kecamatan Kaliwates, Jember, viral di media sosial. Puskesmas setempat memastikan bahwa jenazah adalah warga setempat, dan telah ditangani secara prokes. (foto: istimewa)

JEMBER, TADATODAYS.COM - Sebuah video yang menerangkan adanya jenazah pasien terpapar corona di pinggir jalan viral di media sosial, Senin (26/7/2021) siang.

Video berdurasi 16 detik itu juga tersebar secara berantai ke WhatsApp grup (WAG). Tayangan dalam video memperlihatkan jenazah berada di pinggir jalan, dan bersebelahan dengan mobil ambulans desa bersama tenaga medis yang mengenakan APD lengkap. Selain itu, terdapat satu orang tidak dikenal dalam video tersebut.

Baca Juga : Hasil Swab Kasus Pembongkaran Peti Jenazah Covid Negatif

Perekam gambar memberikan narasi jika jenazah itu berada di pinggir jalan dan tidak segera diangkut ke dalam mobil ambulans.

Baca Juga : Identitas Sepasang Remaja Bercumbu di Taman Maramis Terungkap, Ini Langkah Kepolisian

"Ini ada mayit covid di jalan gak ada yang angkat. Ini di Jember ini. Ini bukti nyata kalau Covid. Ini lihat ini! Tidak ada yang angkat. Bukti nyata covid, kalau masih gak percaya di Jember," kata perekam

Berdasarkan informasi yang dihimpun tadatodays.com, video tersebut tersebar sejak Minggu (25/7) kemarin. Sementara lokasi pengambilan video tersebut di Jalan Sultan Agung, Gang Babian RT 001 RW 015 Lingkungan Kampung Tengah, Kelurahan Kepatihan, Kecamatan Kaliwates.

Saat dikonfirmasi, Ketua RT setempat Kuswartono, membenarkan jika jenazah dalam video itu merupakan warganya.

Jenazah itu, kata dia, adalah seorang ibu yang meninggal karena sakit saat menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumahnya. "Iya itu warga kami," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates dr. Rumi Enggarwati membantah narasi dalam video yang mengatakan jenazah tidak ada yang mau mengangkat. "Itu ada petugas saya, dan ada mobil ambulans puskesmas yang stand by di sana untuk memberikan bantuan," kata Rumi.

Rumi menyampaikan, pada saat video diambil para petugas medis tengah proses mengurus jenazah menggunakan prosedur covid-19, karena jenazah ditemukan meninggal  dunia di rumahnya.

Saat itu, petugas tengah bersiap membawa jenazah ke rumah sakit untuk memastikan penyebab kematian. Sementara dari hasil swab dipastikan jenazah perempuan tersebut positif covid-19 yang selanjutnya dimakamkan dengan prokes ketat. (as/don)