Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-12-09 21:58:34

Warga Lereng Gunung Semeru Lebih Panik saat Hujan Deras Daripada Lava Pijar

MAHAMERU: Warna merah jingga di puncak Gunung Semeru, terlihat jelas dari Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kamis (9/12) malam. Tapi, warga setempat lebih khawatir dengan hujan deras daripada kemunculan lava pijar.

LUMAJANG, TADATODAYS.COM - Gunung Semeru kembali mengeluarkan lava pijar, Kamis (9/12/2021) sekitar pukul 20.00 Wib. Tapi menurut warga Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, munculnya lava pijar itu merupakan hal biasa.

Dari pantauan tadatodays.com, warna merah jingga lava pijar di puncak Gunung Semeru terlihat jelas dari kantor Desa Sumberwuluh. Sementara langit begitu cerah, dengan munculnya bintang dan bulan.

Baca Juga : Pasca Erupsi Kedua, Gunung Semeru Naik Status Jadi Siaga

Sementara, warga setempat terlihat duduk bersama di dekat kantor desa setempat. Sedangkan listrik PLN di lingkungan Desa Sumberwuluh sedang padam.

Baca Juga : Suka Duka Relawan Pencari Korban Erupsi Semeru

Didik Hariyanto, warga setempat mengatakan, lava pijar tersebut hampir setiap hari muncul di puncak Mahameru. Menurutnya, masyarakat sekitar menganggap hal itu wajar dan biasa, sehingga tidak khawatir.

Apalagi, saat ini cuaca sedang cerah dan membuat masyarakat Desa Sumberwuluh lebih tenang. "Kecuali mendung atau hujan, baru panik," katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh warga lainnya, Rijani. Saat ditanya tentang apakah panik atau tidak dengan adanya lava pijar itu, ia mengaku tidak panik. "Justru kalau tidak muncul, panik," ujarnya.

Menurutnya kalau lava pijar yang tidak pernah muncul itu dikhawatirkan membuat letusan hebat pada Gunung Semeru.

Saat ini, Didik dan Rijani berharap agar tidak ada lagi letusan di Gunung Semeru. (zr/don)