Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2022-07-02 16:44:54

Awas, Bahu Jalan Jalur Gunung Gumitir di Sidomulyo Longsor

LONGSOR: Bahu jalan jalur Gunung Gumitir penghubung Jember-Banyuwangi yang mengalami longsor, Sabtu (2/7/2022) dini hari.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Para pengendara yang hendak atau sedang melintasi jalur Gunung Gumitir, Jember, patut waspada. Bahu jalan di jalur penghubung Kebupaten Jember dan Kabupaten Banyuwangi itu mengalami longsor, Sabtu (2/7/2022) sekitar pukul 03.00 WIB. Lokasi longsor tepatnya di KM 37, masuk kawasan Watugudang di Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember.  

Kapolsek Silo AKP Suhartanto mengatakan, longsor terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah setempat.  "Hujan deras di wilayah Gumitir, sekitar pukul 03.00 WIB pagi tadi mengakibatkan longsor di bahu jalan. Tepatnya KM 37 bawah letes S Watugudang, Gumitir," kata AKP Suhartanto saat dikonfirmasi sejumlah wartawan di lokasi kejadian.

Baca Juga : Terancam Ikut Longsor, Rumah Karaoke H2O Dikosongkan

Baca Juga : Tertimbun Tanah Longsor, Jalan Dusun Tambak Ukir Lumpuh

WASPADA: Polisi memasang garis polisi sebagai peringatan kepada pengguna jalan agar waspada saat melintasi jalur Gunung Gumitir yang longsor.

Selanjutnya, untuk mencegah terjadinya kecelakaan, petugas memasang garis polisi (police line) di lokasi yang terdampak longsor. Selain memasang garis polisi, petugas juga memberlakukan sistem buka tutup jalan dari dua arah kendaraan berlawanan.

"Apalagi kendaraan muatan berat dari arah timur atau Banyuwangi, agar tidak terlalu ke kiri. Karena lokasi longsoran di bahu sebelah kiri kalau dari arah kendaraan Banyuwangi menuju Jember," katanya.

AKP Suhartanto mengimbau para pengendara untuk berhati-hati. “Kami juga pasang police line sepanjang kurang lebih 13 meter, agar pengendara lebih waspada saat melintasi lokasi longsoran," imbuhnya. (#-1/as/why)