Iqbal Al Fardi


Wartawan Tadatodays.com | 2022-09-13 17:01:33

Bupati Jember Izin ke Singapura untuk Cek Kesehatan

KESEHATAN: Bupati Jember Hendy Siswanto. Sedang bepergian ke Singapura untuk melakukan cek kesehatan.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Tugas Bupati Jember Hendy Siswanto sejak Senin (12/9/2022) dijalankan Wakil Bupati KH MB Firjaun Barlaman (Gus Firjaun). Pasalnya, Bupati Hendy izin meninggalkan pekerjaan dan pergi ke Singapura untuk tujuan cek kesehatan.

Hal tersebut dibenarkan oleh Wabup Gus Firjaun, Selasa (13/9/2022). Kepada tadatodays.com, Gus Firjaun menerangkan, Bupati Hendy dijadwalkan pergi ke Singapura selama 11 - 14 September 2022.

Baca Juga : Bupati Jember dan Pejabat Outbond di Batu, Ketua FPDIP: Tidak Etis

Tujuannya untuk melakukan cek kesehatan di Rumah Sakit Mount Elizabeth, Singapura.

Baca Juga : Resmikan Perbaikan SDN Jamintoro 3, Bupati Minta Maaf soal Jalan

Karena urusan pribadi, saat berangkat Bupati Hendy tidak didampingi oleh protokeler maupun ajudan. Bupati Hendy hanya didampingi oleh istrinya, Kasih Fajarini.

Lawatan Bupati Hendy ke Singapura, menurut Gus Firjaun, telah sesuai prosedur dan memperoleh izin dari Mendagri. "Sudah ada izin kok, (ke sana, red) urusan berobat," katanya.

Meski, ditunjuk Plh, Gus Firjaun mengaku tidak mendapat tugas khusus. Secara umum, kata dia, ia hanya menjalankan tugas bupati sesuai peraturan yang ada. "Untuk tugas sesuai UU, itupun nggak lama," katanya.

Sementara, Wakil Ketua DPRD Ahmad Halim mengatakan, selama Bupati Hendy lawatan keluar negeri untuk urusan cek kesehatan dan telah memperoleh izin sebagaimana aturan, tidak menjadi masalah. "Kalau urusan berobat itu, kemanusiaan. Saya rasa nggak ada masalah," ujarnya. 

Terkait kelanjutan pembahasan perubahan KUA-PPAS P-APBD 2022, menurut Halim tidak menjadi masalah. Sebab, urusan teknis penyusunan tidak melibatkan bupati secara langsung, namun menjadi tugas dan kewenangan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

Kewajiban kehadiran bupati hanya pada saat paripurna penetapan perubahan KUA-PPAS P-APBD 2022 yang diperkirakan baru akan digelar pekan depan. "Berdasarkan jadwal, Bupati kembali tanggal 14. Jadi,  nggak mempengaruhi, karena ada TAPD," terangnya. (iaf/why)