Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-05-21 17:06:50

Dinkes Kabupaten Probolinggo Pastikan Tak Dapat Vaksin AstraZeneca Batch CTMAV547 yang Dihentikan Pemerintah

VAKSIN: Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo memastikan tidak menerima vaksin AstraZeneca Batch CTMAV547 yang dilarang pemerintah.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo memastikan vaksin AstraZeneca yang beredar sebelumnya di Probolinggo, bukanlah vaksin tipe batch CTMAV547. Dimana, vaksin jenis tersebut saat ini masih diberhentikan sementara oleh pemerintah.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) pada Dinkes setempat, Mudjoko mengatakan kalau Kabupaten Probolinggo menerima vaksin AstraZeneca dengan kode produksi batch 545 dan 546.

Baca Juga : Dinkes Kabupaten Probolinggo Menggencarkan Vaksinasi Jemput Bola dari Desa ke Desa

Pihaknya sudah menerima 65.330 dosis vaksin AstraZeneca dengan kode produksi batch 545 dan 546. Sementara untuk vaksin kode produksi batch CTMAV547, pihaknya masih belum menerima satupun dari pemerintah pusat. "Probolinggo tetap jalan, tetap kita droping," katanya, Kamis (20/5/2021)

Baca Juga : Dinkes Kabupaten Probolinggo Gencarkan Vaksinasi Jemput Bola dari Desa ke Desa

Menurut Mudjoko, pemberhentian itu dilakukan sebagai bentuk kehati-hatian pemerintah usai adanya seseorang yang meninggal dunia di Jakarta, usai di imunisasi vaksin AstraZeneca batch CTMAV547.

Padahal kasus tersebut sebenarnya belum diketahui penyebab pastinya. Bisa saja orang tersebut meninggal karena ada penyakit lain yang kambuh saat itu, dan bukan karena efek samping vaksin. "Itu yang dikaji, benar apa tidak," ucapnya melalui panggilan via seluler.

Sekadar informasi, vaksinasi di Kabupaten Probolinggo masih di tahap dua dengan sasaran petugas pelayan publik dan lansia. Serta, tenaga kesehatan yang ditahap pertama tertunda. (zr/don)