Bryan Bagus Bayu Pratama


Wartawan Tadatodays.com | 2022-03-22 18:09:19

DLH dan EEN Jember Tuangkan Eco Enzyme Kembalikan Ekosistem Air di Sungai Bedadung

JAGA EKOSISTEM: DLH Jember dan Komunitas Eco Enzyme Nusantara menuangkan cairan EE di Sungai Bedadung sebagai upaya menjernihkan air agar ekosistem air kembali membaik. Kegiatan itu dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jember bersama Komunitas Eco Enzyme Nusantara menuangkan puluhan liter cairan Eco Enzyme ke sungai Bedadung, Selasa (22/3/2022). Kegiatan itu dilakukan untuk memperingati hari air sedunia yang diperingati pada hari yang sama.

“Pada peringatan Hari Air Sedunia ini, kita tuangkan cairan EE di Sungai Bedadung. Cairan EE ini dapat menjernihkan air keruh dan memperbaiki ekosistem air,” kata Koordinator TPA Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jember Masbut. Ada 18 titik di Jember yang melakukan kegiatan serupa. Di antaranya di Rambipuji, Panti, Curahmanis.

Baca Juga : Tampilkan Tari Lahbako dan Sadeng secara Kolosal dalam Pembukaan Porprov VII

Dina Putu Ayu, salah satu penggerak Komunitas EEN Jember mengatakan, bahan pembuatan EE ini sangat mudah didapatkan. Terlebih pada limbah rumah tangga. “Bahan pembuatan Eco Enzyme berasal dari kulit buah dan sayuran serta gula yang diproses denga cara di ekstrak,” jelasnya.

Baca Juga : Dispora Jember Optimistis 15 Venue Porprov Jatim VII Siap Dipakai

Ia mengatakan, penuangan puluhan liter cairan EE tersebut adalah salah satu cara menjaga ekosistem air, terutama yang ada di Jember. Untuk mengembalikan kondisi air sungai Bedadung, memang tak hanya sekedar dengan puluhan liter cairan EE. Namun hal tersebut adalah salah satu cara untuk setidaknya memperbaiki ekosistem air yang ada.

Dina –sapaan akrabnya- berharap, gerakan ini mampu menyadarkan masyarakat terkait pentingnya menjaga lingkungan. Karena bagaimanapun air merupakan salah satu sumber kehidupan masyarakat. Dirinya berharap masyarakat tidak membuang sampah sembarangan terutama di sungai. (*/bp/sp)