Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-10-10 19:59:54

Gencar Vaksinasi, Upaya Pemkab Probolinggo Turunkan Level PPKM

Ilustrasi

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Kabupaten Probolinggo kembali naik ke level 3 dalam Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat Jawa-Bali. Menanggapi hal itu, Pemkab Probolinggo akan gencar melakukan vaksinasi agar level kembali turun seperti semula, yaitu level 2.

Hal itu di sampaikan Kepala Dinas Komunkasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo, Yulius Christian. Ia mengatakan kalau vaksinasi ini harus mencapai 50 persen untuk usia 12 tahun ke atas. Sedangkan untuk lansia yang usia 60 tahun ke atas, itu harus mencapai 40 persen.

Baca Juga : Tuntas TM, Masanya Peserta Produksi Jingle Cegah Covid-19

Sementara di Kabupaten Probolinggo sendiri masih mencapai 45,5 persen untuk usia 12 tahun ke atas, dengan sasaran 890.667 orang. Sedangkan untuk lansia usia 60 ke atas masih mencapai 18,66 persen, dengan sasaran 112.618 orang. "Perjuangannya divaksin," katanya, Sabtu (9/10/2021) kemarin.

Baca Juga : Penuhi Indikator Penilaian, Probolinggo Level 2 PPKM

Selain vaksin, pihaknya juga meningkatkan tracing dan testing yang belum mencapai target. Hanya saja, penyebaran kasus positif covid-19 itu masih bisa terkendali. "Yang penting saat ini ya vaksin," katanya.

Terpisah, PIC Vaksin Kabupaten Probolinggo, Mujoko mengatakan kalau kendala vaksinasi saat ini yang dialami adalah dukungan masyarakat yang masih kurang. Banyak masyarakat yang enggan divaksin karena sudah termakan isu hoaks sebelumnya.

Meski begitu, pihaknya tetap berusaha untuk menggencarkan vaksin ini. Salah satu caranya yakni bersinergi dengan TNI, Polri, dan Pesantren. "Ini cukup berhasil," ucap pejabat yang aktif sebagai Kabid P2P pada Dinkes setempat. (zr/don)