Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2020-08-31 22:57:04

Gerindra Rekomendasikan Hendy-Gus Firjaun, Rencana Daftar di Hari Pertama

RESMI: Hendy Siswanto (kiri) menerima rekomendasi dari Ketua DPD Partai Gerindra Jatim Soeprayitno untuk pencalonannya di Pilkada Jember.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Hendy Siswanto dan Mohamad Balya Firjaun Barlaman (Hendy-Gus Firjaun) kembali mendapat dukungan parpol untuk bertarung dalam Pilkada Jember. Setelah Sabtu (29/8/2020) dari PKS, Senin (31/8/2020) giliran Partai Gerindtra yang memberikan rekomendasi.

Bertambahnya dukungan itu, menguatkan posisi Hendy-Gus Firjaun sebagai penantang petahana. Yudi Hartono, juru bicara Hendy-Gus Firjaun mengatakan, sejauh ini bapaslon yang didukungnya mengantongi 23 kursi.

Baca Juga : Ketika Pemilik Nama Tuhan di Jember Lebih Akrab Disapa Pak Farida

Yakni, Partai Demokrat (2 kursi), Partai Nasdem (8 kursi), PKS (6 kursi), Partai Berkarya (1 kursi), dan Partai Gerindra (7 kursi). Yudi mengklaim, 3 parpol lainnya yakni

Baca Juga : Eksepsi Bawaslu dan KASN Ditolak, Sidang Kasus Netralitas ASN Digelar di PN Jember

PPP, PKB, dan PAN juga akan merapat.

“Tinggal ngambil PPP, PKB, dan PPP. Kalau informasinya kita harus ngambil ke DPP langsung,” kata Yudi. Berbekal dukungan 5 partai yang diklaim telah dipegang, rencananya Hendy-Gus Firjaun akan mendaftar ke KPU di hari pertama yakni Jumat (4/8/2020).

Yudi menambahkan, koalisi partai pendukung menurunya lebih dari cukup bagi bapaslon dukungannya untuk mendaftar. Karena minimal bapaslon mengantongi 10 kursi. Jika tiga partai tersisa benar-benar merapat, maka akan benar-benar teralisasi head to head dengan petahana.

Dikonfirmasi secara terpisah, Ketua DPC Gerindra Jember H.M Satib membenarkan turunnya rekomendasi dari DPD Gerindra. Meski sampai saat ini pihaknya belum menerima surat instruksi secara resmi perihal dukungan Gerindra pada Hendy-Gus Firjaun. Satib menegaskan, apapun intruksi DPP, pihaknya akan patuh sebagai bentuk loyalitas.

Keterangan berbeda justru datang dari Ketua DPD Partai Berkarya Jember, Mohamad Firdaus. Pada tadatodays.com Firdaus mengatakan, Partai Berkarya belum mengeluarkan rekomendasinya pada bapaslon manapun. Mereka masih menunggu proses penetapan SK Kemenkum-HAM juntuk kepengurusan DPP.

“Saya mengamini, surat rekomendasi pasca pengumuman SK Kemenkuham yang menetapkan Muchdi Pr, sebagai ketua umum dan sekretaris Jenderal Badaruddin Andi Picunang, yang saat ini kita tunggu rekomendasinya dan ini sedang finalisasi,” jelasnya melalui sambungan telpon kepada tadatodays.com.

Sementara itu, Ketua DPD PAN Jember Lilik Ni'amah membenarkan bahwa partainya memberi sinyal rekomendasi kepada Hendy-Gus Firjaun meski sampai saat ini belum turun. “Iya sinyal ke Haji Hendy. Kami berharap bisa head to head, tapi nggak tahu lagi, inikan dinamis sekali,” pungkasnya. (as/sp)