Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2020-07-27 22:36:32

KPK Periksa Sejumlah Pihak di Jember, Sekda: Gak Ono Wawancara, Capek!

MASIH AWAL: Jubir KPK Ali Fikri saat menyampaikan keterangan mengenai pemeriksaan sejumlah pihak di Jember melalui video.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan memeriksa sejumlah pihak di Jember, Senin (27/7/2020). Pemeriksaan itu diduga terkait tindak pidana korupsi.

Kedatangan penyidik KPK ke Jember dibenarkan juru bicara (jubir) lembaga antirasuah itu, Ali Fikri. Dalam rekaman video berdurasi 58 detik yang viral di grup WhatsApp, Ali mengatakan jika penyidik sudah di Jember sejak beberapa hari yang lalu.

Baca Juga : Cicil 3 Kali, Plt Bupati Jember Lunasi Kelebihan Insentif Selama 2019

 “Merespons pertanyaan dari beberapa rekan media terkait adanya informasi kegiatan KPK di Jember, Jawa Timur. Perlu dijelaskan, benar bahwa KPK melakukan kegiatan berupa permintaan keterangan kepada sejumlah pihak di Jember,” terangnya.

Baca Juga : Capaian MCP Lumajang Peringkat 94 Se-indonesia

BUNGKAM: Sekda Jember Mirfano enggan diwawancara dan memilih masuk ke mobil dinasnya tanpa memberikan keterangan pada awak media.

Penyidik menurut Ali melakukan penyelidikan sebagai tahap awal pemeriksaan. Hal itu berdasarkan UU nomor 10 tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang nomor 1 tahun 2015 tentang Perubahan atas Undang-Undang nomor 30 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi menjadi Undang-Undang.

Meski begitu, Ali enggan menyebutkan perihal kasus apa, dan pihak mana saja yang telah diperiksa KPK. Ia berjanji akan menginformasikan perkembangannya di lain kesempatan. “Siapa-siapa saja yang telah diminta keterangan oleh KPK, belum bisa kita sampaikan saat ini. Perkembangannya tentu kami informasikan lebih lanjut,” katanya.

Sementara itu, Sekda Jember Mirfano enggan memberikan keterangan terkait kedatagan penyidik KPK. Saat ditemui di kantornya, ia menolak berkomentar. “Gak onok wawancara, capek,” katanya singkat sambil berlalu menuju mobil dinasnya. (as/sp)