Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2020-11-24 17:48:42

KPU Jember Terima Surat Suara 1.873.404 Lembar, Packing Libatkan 50 Orang

LOGISTIK: KPU Jember menerima 1,8 juta lebih surat suara dari pihak percetakan. Sebelum didistribusikan, surat suara tersebut akan di-packing terlebih dahulu.

JEMBER, TADATODAYS.COM - KPU Kabupaten Jember menerima logistik surat suara untuk Pilkada Jember 2020, Senin (23/11/2020). Jumlah surat suara yang diterima dari percetakan, yakni PT. Temprina, mencapai 1.873.404 lembar.

Ketua KPU Jember Mohammad Syai'in mengatakan, surat suara yang akan dipergunakan pada 9 Desember 2020 mendatang itu, merupakan kebutuhan pemilh yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah 2,5 persen cadangan.

Baca Juga : Kecamatan Kraksaan dan Paiton Sukseskan 1000 Rapid Test Antigen Masal

Komisioner yang akrab disapa Syai'in itu menyebut, sebelum surat suara didistribusikan, terlebih dahulu surat suara disimpan di gudang KPU setempat untuk disortir dan dikemas. Baru setelah itu didistribusikan ke PPK dan PPS.

Baca Juga : Kraksaan dan Paiton Sukseskan 1000 Rapid Test Antigen Masal

“Dikemas agar tidak ada kerusakan,” katanya. Selain surat suara, KPU Jember juga menerima sejumlah alat perlengkapan pencoblosan. Seperti kotak suara, bilik suara, tinta, segel, alat perlengkapan TPS dan APD.

Syai'in menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya akan melaksanakan pelipatan suara dengan melibatkan sekitar 50 orang tenaga pelipat surat suara. Dalam proses pelipatan, tetap menggunakan protokol kesehatan yang ketat. Mengingat pilkada kali ini dalam masa pandemi Covid-19. (as/sp)