Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-11-23 20:17:00

Longsor, Dua Rumah di Desa Sariwani Tertimpa Material Tanah

LONGSOR: Tanah tebing yang longsor menimpa rumah warga di Desa Sariwani, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Peristiwa ini terjadi setelah desa tersebut diguyur hujan dalam waktu yang lama. (foto: Bendahara Desa Sariwani)

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Bencana tanah longsor terjadi di Desa Sariwani, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Selasa (23/11/2021). Tanah material longsoran menimpa dua rumah warga. Kerugian ditakisr mencapai 50 juta rupiah.

Dihubungi sambungan telepon, Bendahara Desa Sariwani, Fitra membenarkan adanya tanah longsor yang kembali terjadi di Desa Sariwani. Sebelum kejadian itu, hujan deras melanda Desa Sariwani hujan dengan intensitas yang lama.

Baca Juga : Drainase di Kawasan Stadion Bayuangga Buruk

Atas kejadian itu, dua rumah milik Tinaryo dan Marsui tertimpa material tanah. Tanah itu berasal dari permukaan tebing. Tak ayal, dapur rumah keduanya menjadi rusak.

Baca Juga : Longsor Terjadi di Jalur Kecamatan Sumber, Kedalaman 10 Meter

Fitra yang mendapat laporan dari warga sekitar, langsung meneruskannya kepada petugas Kecamatan Sukapura dan BPBD setempat. “Akses menuju Desa Wonomerto, Kecamatan Sumber dari sisi barat juga kesulitan dilewati,” katanya.

Beberapa saat kemudian, BPBD Kabupaten Probolinggo turun lokasi longsor. Hingga Selasa petang, BPBD masih belum bisa melakukan evakuasi.

Kabid Kedaruratan pada BPBD Kabupaten Probolinggo, Sugeng S Yoga menuturkan, untuk sementara petugas hanya dapat memasang terpal untuk mengurangi risiko longsor susulan. "Ked epan apakah nanti akan dibangun atau pasang bronjong, masih menunggu instruksi," katanya. (ang/don)