Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-01-25 17:46:34

Malam Ini, Vaksin Sinovac Tiba di Probolinggo

MENUNGGU: Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo memeriksa kondisi tempat penyimpanan vaksin Sinovac, yang akan tiba di Probolinggo pada Senin (25/1/2021) malam ini.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Asa baru melawan virus corona (Covid-19) di Kabupaten Probolinggo melalui vaksinasi, semakin dekat. Vaksin Sinovac pada hari ini (25/01/2021) malam dijadwalkan tiba di Kabupaten Probolinggo. Terdapat 3000 Vaksin yang akan didropping kepada 3.213 orang dalam tahap pertama termin ke-2.

Kini, Gugus Tugas Covid-19 setempat masih menunggu kedatangannya dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Belum diketahui pukul berapa kedatangan tersebut. Diketahui pada 25 Januari ini, Kota Dan Kabupaten Probolinggo akan menerima distribusi vaksin.

Baca Juga : Jumlah Vaksin Tahap Dua Jauh dari Kebutuhan

Untuk itu, Dinas Kesehatan sudah menyiapkan cold room di Instalasi Farmasi dan Perbekalan Kesehatan Kabupaten Probolinggo yang terletak di Jl Anggrek 32, Kelurahan Sukabumi Kota Probolinggo. Setiap 1 cold room kapasitasnya 8.000 dosis vaksin dan 3 cold chain atau refrigerator.

Baca Juga : Puluhan Wartawan di Kabupaten Probolinggo Divaksin Sinovac

Alokasi vaksin mencapai 6.480 dosis, dengan sasaran 3.213 orang di antaranya ialah sumberdaya manusia bidang kesehatan. Berikutnya, pejabat publik 10 orang. Sisa dari 213 itu akan dilakukan di tahap kedua.

Informasi yang dihimpun tadatodays.com, bahwa vaksin Sinovac dengan rantai dingin (cold chain) harus bersuhu 1-8 derajat celcius untuk daya tahan vaksin.

Teknis dalam penyuntikan vaksin dilakukan di 33 puskesmas, dengan vaksinator 265 orang yang sudah dilatih. Pelatihan itu diantaranya digelar Rumah Sakit (RS) Tongas, RS Wonolangan Dringu, RS Siti Fatimah Kraksaan, RS Rizani Paiton dan RS Graha Sehat Kraksaan.

Tahapan pertama yang divaksin ialah Tenaga Kesehatan (Nakes), yang dilaksanakan di tiap puskesmas ataupun tempat sekitar vaksinasi."Contoh (nakes) kerja di klinik gayasa, nantinya akan divaksin di Puskemas Kraksaan atau wilayah tempat kerja yang terdekat," papar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo, Shodiq Tjahyono.

Selain itu, Shodiq, sapaannya, menuturkan bahwa tahapan pertama itu dilaksanakan pada 1 Februari dan ditarget selesai pada ahir bulan Febuari 2021. Untuk daya tahan vaksin tersebut berlangsung selama 2 minggu setelahnya. Kemudian, suntikan tahap kedua dilakukan pada awal Maret.

Shodiq menambahkan, pada bulan Maret, vaksinasi tahap kedua diperuntukkan petugas pelayanan publik. “Yaitu TNI Polri, petugas pasar, petugas kereta api dan petugas pelabuhan," ujarnya saat ditemui di lokasi gudang penyimpanan obat, Jalan Anggrek, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. (ang/don)