Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2021-01-18 16:00:17

Menteri Sosial Tri Rismaharini Kunjungi Lokasi Banjir Jember

TERJUN: Mensos RI, Tri Rismaharini saat diwawancara sejumlah wartawan usai meninjau lokasi banjir di Jember.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini meninjau langsung sejumlah lokasi terdampak banjir di Kabupaten Jember, Senin (18/1/2021). Dalam tinjauan itu, Risma didampingi Bupati Jember Faida.

Sekitar pukul 13.00 WIB, Risma menyapa langsung para relawan bencana yang bertugas di posko tanggap bencana di Desa Wonoasri, Kecamatan Tempurejo. Dalam kunjungannya itu, Risma menyempatkan berbincang dengan para relawan bencana.

Baca Juga : Pemprov Siapkan Anggaran Rp 150 Juta untuk Perbaikan Tanggul Jebol di Dringu

Tak hanya itu, Mensos juga ikut memasak sayur hingga matang, kemudian membantu membungkus nasi yang akan dibagikan kepada warga koban banjir. "Terimakasih ya pak, buk, bantuanya," kata Risma kepada para relawan di dapur umum.

Baca Juga : Buruknya Pengelolaan Sampah Jadi Salah Satu Penyebab Banjir Dringu

Mantan Wali Kota Surabaya itu mengapresiasi langkah penanganan bencana banjir di Kabupaten Jember. Menurutnya, penanganan bencana banjir di Jember berjalan baik karena keterlibatan eleman non-pemerintah dan kemudahan akses. "Jember bagus penanganannya karena dikerahkan (Relawan, Red) dari berbagai daerah," ungkapnya.

Risma mengatakan, untuk mengantisipasi adanya kejadian luar biasa seperti bencana alam yang saat ini terjadi di berbagai daerah di Indonesia, maka setiap kabupaten/kota wajib memiliki bumper stock bahan makanan pokok. "Terutama bahan makanan sehingga saat terjadi sesuatu tidak ada masalah," katanya.

Ia juga berjanji akan segera berkordinasi bersama Menteri Perekonomian perihal pengadaan bumper stock di setiap kabupaten/kota.

Setelah hampir tiga jam, Risma kemudian meninggalkan lokasi. Melalui Pemkab Jember, Risma memberikan paket sembako, peralatan memasak, kasur, selimut, dan popok bayi.

Ia menyampaikan, bahwa bantuan tersebut berdasarkan kebutuhan yang disampaikan ke Kemensos. "Semoga membantu meringankan," pungkasnya. (as/don)