Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2021-01-13 21:32:26

Pembersihan Material Banjir Bandang Jember masih Berlangsung

BERJIBAKU: Petugas gabungan masih terus melakukan pembersihan material banjir bandang.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Warga Desa/Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember bersama personil gabungan TNI, Polri serta lembaga relawan bergotong royong membersihkan sisa banjir bandang, Rabu (13/1/2021).

Pasca banjir bandang pada Selasa sore (12/1/2021) kemarin, sejumlah rumah dan fasilitas umum di Desa Bangsalsari mengalami kerusakan. Termasuk, komplek Pondok Pesantren (Ponpes) Ar Rosyid di Dusun Krajan desa setempat.

Baca Juga : Gempa di Kabupaten Malang, 38 Bangunan di Jember Dilaporkan Rusak

Terlihat, lumpur setebal 30 hingga 60 centimeter serta material berupa potongan kayu, dan sampah domestik yang terbawa arus luapan air berserakan di sekitar lokasi. Para personil gabungan dan relawan membutuhkan waktu hampir sehari semalam untuk membersihkan sisa banjir tersebut.

Baca Juga : Gempa di Malang Rusakkan 5 Bangunan di Kecamatan Sumber Probolinggo

Saat dikonfirmasi, Kapolsek Bangsalsari, AKP I Putu Adi Kusuma mengatakan, seluruh personil dan relawan yang terlibat membersihkan bekas banjir akan bekerja secara bertahap. Untuk tahap awal semua tenaga difokuskan untuk membersihkan lumpur. "Baru nanti akan ada langkah pembenahan selanjutnya," ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, salah seorang Pengasuh Pondok Pesantren Ar Rosyid, Imam Muqoid, mengatakan bahwa pihaknya menghentikan aktivitas ponpes untuk sementara. Ia juga masih bersyukur, sebab bangunan ponpes tak sampai roboh. "Arusnya cukup besar," ungkapnya.

Hingga saat ini, Imam melanjutkan, bantuan sembako untuk ponpesya terus berdatangan. Tapi, pihaknya juga akan membagikan bantuan tersebut kepada masyarakat sekitar yang terdampak. "Kondisi saat ini, bahan sembako yang paling kami butuhkan," katanya.

Sementara itu, petugas BPBD Jember, Roni saat dikonfirmasi mengatakan, dirinya tengah melakukan asesmen lanjutan terkait dampak dan kerugian. "Setelah selesai data tersebut, akan segera dilaporkan hasilnya," singkatnya. (as/don)