Bryan Bagus Bayu Pratama


Wartawan Tadatodays.com | 2022-02-21 18:19:16

Pemkab Jember Digugat Rekanan Penyedia Wastafel Covid-19

GUGATAN: Moh. Husni Thamrin, kuasa hukum CV Zulfan Rizki Metalindo mendaftarkan memori gugatannya ke Pengadilan Negeri Jember. Gugatan itu terkait belum dibayarkannya anggaran pengadaan wastafel Covid-19 untuk 400 rekanan.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Adi Wicaksono, Direktur CV. Zulfan Rizki Metalindo menggugat Pemkab Jember ke Pengadilan Negeri Jember, Senin (21/2/2022). Gugatan itu terkait proyek pengadaan wastafel Covid-19 yang belum dibayarkan oleh Pemkab Jember.

Adi mendaftarkan gugatan itu melalui kuasa hukum Moh. Husni Thamrin. Mereka yang digugat yakni Bupati Hendy Siswanto, selaku Kuasa Pengguna Anggara (KPA). Sedangkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menjadi turut tergugat.

Baca Juga : Soal Lapangan Talangsari, Ancer Minta Fraksi Teken Penolakan

Moh. Husni Thamrin mengatakan, pihak rekanan penggarap proyek tersebut mendesak agar Pemkab Jember segera membayar anggaran pengadaan wastafel yang telah rampung.

Baca Juga : DPRD Jember: Lapangan Talangsari Tetap Ruang Terbuka Hijau

Thamrin mengatakan, jika proyek wastafel tersebut belum selesai dikerjakan oleh rekanan, maka pihaknya siap diberikan sanksi pidana. “Namun yang terjadi adalah pihak rekanan yang dirugikan oleh negara,” katanya.

Ia menyebutkan, ada sekitar 400 rekanan yang terdampak akibat belum dibayarkannya proyek pengadaan wastafel Covid-19. Namun yang telah mengajukan gugatan sementara hanya satu orang rekanan, yaitu CV. Zulfan Rizki Metalindo.

Nah, khusus untuk gugatan CV.  Zulfan Rizki Metalindo, Thamrin menggugat Pemkab Jember sebesar Rp 1,2 miliar untuk 8 paket pengerjaan. Dikarenakan proyek tersebut dilakukan sejak 2020 atau sejak era Bupati Faida, maka Thamrin menyebut ada tambahan kerugian materil dan imateril. “Sekitar Rp 500 juta,” katanya.

Thamrin menduga, Pemkab Jember tidak memiliki dana untuk membayaran klaim rekanan penggarap proyek tersebut. Karena itu, dirinya meminta Gedung Pemerintahan Kabupaten Jember di Jl. Panglima Sudirman No.1, Kelurahan Jemberlor, Kecamatan Patrang, disita sebagai jaminan. (bp/don)